Pendekatan GROW pada Coaching untuk Peningkatan Performa Tim Anda

Pendekatan GROW pada Coaching untuk Peningkatan Performa Tim Anda

Pendekatan GROW pada Coaching untuk Peningkatan Performa Tim Anda

Tujuan umum coaching adalah untuk dapat memaksimalkan potensi dan meningkatkan talenta, bakat, juga kemampuan dari setiap individu di sebuah organisasi perusahaan. Salah satu teknik sederhana yang banyak digunakan untuk membantu para leader dalam menjalankan perannya sebagai coach di perusahaannya adalah pendekatan GROW.

Apa artinya GROW itu?

GROW adalah akronim dari Goal, current Reality, Option, dan Will. Pendekatan ini cukup sederhana, tetapi cukup efektif digunakan dalam melakukan sesi-sesi coaching. Dalam melakukan sesi coaching dengan tim Anda melalui pendekatan GROW, agar lebih terarah, Anda bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

1.Tetapkan Tujuan (Goal)

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda dan tim harus sepakat mengenai goal yang harus dicapai bersama. Dalam dunia bisnis, target tim dan target individu bisa menjadi standar yang jelas sebagai satu tujuan. Namun, sebia mungkin, Anda harus bisa memotivasi anggota tim agar memiliki target pribadi agar melampaui dari target yang dibebankan padanya.

Setelah itu, sepakati mengenai bagaimana pengukuran dalam pencapaian tujuan tersebut. Harus ada parameter yang jelas. Kapan sebuah tujuan dianggap gagal dan kapan dianggap berhasil. Meskipun berorientasi target, Goal bukan hanya merupakan pokok bahasan tahunan atau bulanan, tapi bisa jadi berbentuk capaian harian yang bisa dievaluasi dalam briefing pagi atau sore.

2.Perhatikan Kondisi Saat ini (current Reality)

Untuk melalui tahap ini, Anda bisa mulai dengan pertanyaan singkat seperti ini: “Apa yang sudah kamu lakukan untuk mencapai targetmu?” Ini adalah tahapan yang sangat penting, dimana mereka harus memahami keadaan mereka. Selanjutnya, mintalah anggota tim Anda untuk menjelaskan keadaan dan posisi yang mereka hadapi saat ini. Setelah anggota team anda tahu dimana posisi mereka saat ini, solusi atas permasalahan mereka mungkin akan terlihat jelas.

3.Melihat Pilihan yang Tersedia (Option)

Setelah Anda dan tim Anda memahami di mana posisi dan bagaimana kondisi saat ini, saatnya untuk memilih solusi-solusi yang mungkin untuk dilakukan. Anda boleh memberikan pendapat, tapi biarkan anggota team Anda yang menyampaikan ide-idenya terlebih dahulu. Biarkan mereka yang lebih banyak bicara dan peran Anda hanyalah sebagai fasilitator.

4.Bangkitkan Motivasi (Will) Tim Anda

Sebagian pakar menyebut tahap terakhir ini sebagai tahap untuk meninjau langkah selanjutnya. Melalui langkah terakhir ini, maka proses coaching akan menyimpulkan dan membenahi penemuan-penemuan di langkah sebelumnya, dimana tim Anda akhirnya membuat sebuah rencana tindakan (action plan) untuk mewujud nyatakan opsi-opsi solusi.

Pendekatan GROW pada Coaching untuk Peningkatan Performa Tim

Jika Anda ingin lebih meningkatkan performa tim di perusahaan Anda, bisa kunjungi website kami ( ibizcoach.com ) untuk melihat macam-macam workshop kami yang dibuat khusus sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Salah satu fasilitas pelatihan kami adalah 1 on 1 coaching. Info lebih jauh hubungi nomor whatsapp 0811-265-2244.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *