Inilah yang Harus Anda Lakukan kepada Customer

Inilah yang Harus Anda Lakukan kepada Customer

Inilah yang Harus Anda Lakukan kepada Customer

Ketika Anda berbisnis, pernahkah Anda melihat apa yang dilakukan customer setelah membeli produk Anda? Ketika customer puas, mereka akan mengabarkan dan merekomendasikan ke temannya. Namun, apabila tidak puas, mereka akan segera mengabarkan itu kepada Anda.

Jangan buru-buru down saat ada customer yang kecewa dan komplain, karena sebenarnya mereka itu adalah konsultan gratis. Bagaimana bisa begitu? Karena Anda jadi tahu, di sisi mana bisnis Anda harus diperbaiki. Meskipun begitu, sebenarnya kekecewaan customer itu bisa dihindari kalau Anda mengerti caranya.

Lalu, apa saja yang perlu dilakukan pada customer Anda?

1. Selalu Berikan yang Terbaik bagi Customer

Ini adalah syarat awal yang harus dipenuhi sebelum yang lainnya. Loyalitas para customer terbangun dari adanya kepuasan. Oleh karena itu upayakan untuk selalu mengontrol kualitas produk maupun kualitas pelayanan yang ditawarkan. Dan jangan lupa perhatikan pula harga produk yang Anda tawarkan, sebab harga yang bersahabat menjadi hal paling penting bagi customer.

2.Berikan Nilai Lebih pada Produk Anda

Buatlah customer untuk selalu membutuhkan produk atau jasa Anda, tawarkan suatu solusi yang benar-benar dibutuhkan customer Dengan begitu bisnis Anda akan selalu dicari para customer. Ingat, bahwa penggunaan produk atau jasa secara rutin, akan mengarahkan customer semakin loyal dengan bisnis Anda.

3. Buat Forum Khusus untuk Customer Anda

Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mendata nama-nama customer Anda, khususnya untuk bisnis online. Ajak para customer untuk menjadi member tetap, dengan menawarkan keuntungan yang menarik bagi mereka. Membuat forum khusus bagi para pelanggan dan mengadakan kegiatan khusus customer Anda bisa membuat pelanggan Anda lebih tertarik. Apalagi dengan memberi diskon khusus pelanggan Anda, dengan cara itulah customer merasa memiliki keterikatan dengan pelaku bisnis.

4. Ciptakan Image yang Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa image atau citra menjadi magnet tersendiri bagi para customer Semakin baik image sebuah produk, maka semakin loyal pula customer pada merek tersebut. Produk-produk dengan merek ternama berhasil menguasai pasar karena mereka memiliki customer yang loyal.

Jangan pernah berhenti memberikan pelayanan terbaik bagi pada customer Anda. Berikan kepuasan pada mereka, agar konsumen tidak beralih pada produk atau jasa lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Ketika Anda sudah melakukan yang terbaik pada para customer, Anda bisa mendapatkan penjualan produk yang semakin meningkat setiap harinya dan menjalankan bisnis dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan.

Buat Anda yang ingin memahami lebih jauh soal apa yang seharusnya Anda lakukan pada customer, ikuti seminar kami: 

Be A Great Sales pada tanggal 23 Agustus 2017.

Kalau ingin tahu lebih banyak tentang seminar ini, hubungi nomor whatsapp 0811-265-2244.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *