Tips Wirausaha untuk Pemula

Tips Wirausaha untuk Pemula

Semua orang dapat menjadi wisausahawan sukses asalkan mereka mau untuk melakukan berbagai tips wirausaha dari berbagai orang yang sudah terlebih dahulu sukses. Tentunya tidak semua tips wirausaha akan berhasil kita aplikasikan di usaha kita karena berbagai faktor, namun demikian, kita bisa membuat berbagai penyesuaian sehingga lebih pas untuk kita aplikasikan. Bagi pemula, yang agak sulit adalah untuk memulainya. Mereka mungkin dihantui rasa takut gagal karena pernah melihat orang-orang di sekitarnya tidak berhasil dalam membangun usaha. Harusnya mereka malah menjadikan kegagalan ini sebagai pelajaran dan menghindari faktor-faktor yang dapat membuat mereka gagal.Tidak sedikit pula orang yang hanya berniat saja selama bertahun-tahun namun tidak pernah benar-benar memulainya hanya karena merasa ragu.

Bagi mereka yang hendak memulai, maka mungkin tips wirausaha di bawah ini bisa berhasil membantu:

1.  Lawanlah mitor bisnis yang tidak mendukung

Anda jangan pernah berpikir ataupun terpengaruh oleh pemikiran bahwa untuk menjadi pengusaha sukses, maka anda harus bersekolah tinggi di bidang bisnis dan meraih gelar seperti MBA. Kenyataannya tidak begitu. Pengusaha sekelas Bill Gates yang selalu meraih niilai hampir sempurna di berbagai kesempatan saja malah tidak lulus dari kuliahnya di Harvard. Ini tidak ada hubungannya dengan kemampuannya. Bill Gates merasa bahwa ia memiliki kemampuan yang super di bidang komputer sehingga menyibukkan diri untuk membuat berbagai program seperti Microsoft Windows yang merupakan perangkat lunak favorit di seluruh dunia.

Anda juga tidak perlu berpikir bahwa modal adalah penentu keberhasilan anda. Memang semua usaha membutuhkan modal, namun demikian, tidak selalu modal itu berupa uang. Terkadang modal yang dibutuhkan adalah yang kemampuan ataupun tekat. Itulah yang terpenting. Modal bisa dicari dan bisa juga dihasilkan dari pengembangan usaha, namun tidak halnya tekat ataupun kemampuan.

2.  Cobalah menyukai bisnis anda seakan anda adalah pelanggan

Posisikan diri anda sebagai pelanggan dan lihatlah bagaimana anda menjalankan bisnis anda sehari-hari. Jika anda memiliki hotel, cobalah masuk ke lobi seperti layaknya seorang tamu dan ikuti seluruh proses cek in sampai dengan mencoba berbagai fasilitas yang ada. Jika anda tidak menyukai proses cek in yang anda rasa terlalu lama dan berbelit-belit, maka pastilah tamu anda juga memiliki perasaan yang sama. Orang cek in setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, kebanyakan dari luar kota. Ada pula yang dari luar negeri. Oleh karena itu, ketika tiba di hotel, mereka ingin cepat dapat beristirahat dan menyegarkan diri. Selain itu, cobalah makanan di restoran. Jika anda tidak menyukainya, maka kemungkinan besar para tamupun tidak menyukainya.

3.  Cari Teman-teman baru

Teman baru yang merupakan wirausahawan merupakan sumber inforasi yang baik untuk menjadi guru bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *