Memahami bisnis Anda dengan Peta proses bisnis

Memahami bisnis Anda dengan Peta proses bisnis

Peta proses bisnis tak ubahnya seperti peta dunia yang menggambarkan dunia secara global sampai suatu lokasi di daerah tertentu dengan koordinat tertentu misalnya jalan Sudirman di Jakarta. Peta yang baik dan benar akan membawa Anda kepada tujuan dengan tepat dan cepat, tanpa perlu buang waktu untuk banyak bertanya dan tersesat. Dalam organisasi dan bisnis, peta proses bisnis akan membawa Anda pada keunggulan kompetitif Anda karena Anda bisa meraih better, faster, cheaper dan safer.

 

Apa itu Peta proses bisnis? Peta proses bisnis adalah diagram yang mengidentifikasi secara jelas langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proses. Peta ini memberikan deskripsi bagaimana cara suatu proses dilakukan. Ibarat buku manual, maka peta ini pun menjadi “user guide” bagi organisasi Anda. Tidak hanya itu, peta proses bisnis dapat menyediakan informasi lain yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proses seperti apa inputnya, outputnya, ukuran kinerjanya, siapa yang melakukannya dan beberapa informasi yang Anda perlukan.

 

Ada banyak cara menggambarkan peta proses. Pada umumnya peta proses digambarkan dengan menggunakan tanda panah (arrow) dan lambang (icon). Bahkan masih banyak Anda temui peta ini hanya digambarkan dalam bentuk diagram alir (flow chart) yang terlalu minimalis. Memang Anda perlu mencari bentuk yang pas karena terlalu minim atau terlalu banyak informasi pun tidak baik. memang peta proses ini banyak digunakan tapi tidak banyak dipelajari sebagai input untuk perbaikan. Bagaimanapun caranya, sebaiknya ada 2 jenis peta yang perlu Anda buat: As-Is dan To-Be. Yang pertama Anda gunakan untuk menggambarkan peta proses saat ini. Berdasarkan peta As-Is ini Anda analisis untuk melakukan perbaikan proses. Target proses yang baru digambarkan dengan peta To-Be.

 

Ada kata-kata bijak yang mengatakan “Those who assume they know the process, without having mapped it, will probably find surprises when they map the process“. Jadi jika Anda merasa Anda adalah orang yang paling tahu mengenai suatu proses, cobalah memetakan proses tersebut. Barangkali Anda akan terkejut karena ada cukup banyak hal yang luput dari pengamatan dan pengetahuan Anda selama ini. Berani mencoba?

 

sumber : http://manajemenoperasional.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *