Kiat Sukses Mengembangkan Usaha Kuliner Kaki Lima

Kiat Sukses Mengembangkan Usaha Kuliner Kaki Lima

Menggeluti bisnis makanan  memang tidak adanya matinya. Selain menghasilkan keuntungan yang tinggi, makanan juga merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang sehingga dimanapun, kapanpun, semua orang membutuhkan makanan sebagai sumber pokok kehidupan.

Banyak sekali penjual kaki lima yang menekuni bisnis kuliner ini, tetapi mereka kadang bingung bagaimana cara mengembangkan  usaha yang telah mereka jalani sekarang. Berikut kiat-kiat untuk mengembangkan usaha kuliner kaki lima:

  • Membuat catatan keuangan (cash flow)

Meskipun hanya sederhana, setiap usaha harus mempunyai catatan keuangan. Sehingga tahu jumlah modal, biaya operasional sehari-hari yang dikeluarkan, dan keuntungan yang diperoleh. selain itu catatan keuangan juga bisa dijadikan jaminan bahwa pedagang telah membuka dan menjalankan usahanya.

 

  • Tepat menentukan harga jual

Harga jual makanan dan minuman harus dipastikan agar bisa bersaing dengan penjual makanan dan minuman lainnya karena memiliki banyak pesaing yang juga pedagang kaki lima. Bisa juga harga dicantumkan agar para pembeli tahu harga produk yang dijual.

 

  • Menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha

Keuntungan yang diperoleh harus disisihkan dengan membuat account untuk profit sehingga kegunaannya jelas,  misalnya untuk persiapan pengganti perlengkapan yang rusak dan untuk pengembangan usaha.

 

  • Memiliki menu andalan

Biasanya tempat usaha dikenal karena menu andalannya dan mempunyai berbagai menu. Banyak nama usaha yang berasal dari nama menu andalan.

 

  • Pelayanan yang professional

Pelayanan harus tetap professional meskipun hanya usaha sekelas kaki lima. Contohnya mendahulukan pembeli yang lebih dulu datang, tidak membiarkan pembeli meunggu lama, dan ramah terhadap pembeli.

 

 

  • Menjaga kebersihan dan kerapihan

Kebersihan merupakan faktor penting bagi usaha makanan dan minuman. Contohnya kebersihan tempat, perlengkapan, dan makanan atau minuman itu sendiri, serta pelayanan atau penjualnya juga harus diperhatikan.

 

  • Kerja keras, cerdas dan kreatif

Untuk membuat usaha lebih berkembang adalah memulainya dan bekerja keras, cerdas serta kreatifitas harus selalu digali untuk menciptakan hal-hal baru pada usaha yang dijalankan.

 

 

  • Membuka cabang

Dengan membuka cabang dapat memberikan keuntungan antara lain: produk yang dijual dan merek usaha lebih dikenal masyarakat.

 

 

Jadi salah satu kriteria  keberhasilan usaha makanan dan minuman kaki lima adalah semakin berkembangnya usaha. Misalnya, jumlah karyawan bertambah, tempat usaha semakin besar dan dapat menampung lebih banyak pembeli, atau cabangnya terus bertambah.

 

Semoga bermanfaat…

Salam Pencerahan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *