Bisnis Waralaba – Kiat Sukses Bisnis Waralaba

Bisnis Waralaba – Kiat Sukses Bisnis Waralaba

Apakah Anda ingin mulai berbisnis atau membuka usaha sendiri? Apakah terlintas di pikiran Anda memilih waralaba sebagai solusinya? Bagi sebagian orang bisnis waralaba merupakan opsi yang menarik karena adanya iming-iming bisa sukses dan untung besar secara instan. Lalu apakah selalu berakhir dengan kesuksesan? Realitanya banyak hal membuat bisnis waralaba tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk terjun dalam bisnis waralaba dan menjadi sukses maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Siapkan diri Anda.

Persiapan mental, fisik, dan cara berpikir hingga modal karena semua berpengaruh terhadap perjalanan waralaba yang akan Anda geluti.

2. Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan bidang yang Anda sukai.

Dengan memilih jenis waralaba yang sesuai dengan bidang yang Anda sukai maka Anda akan lebih mengerti dan menjalankan dengan semangat.

3. Pelajari Semua Penawaran Waralaba

Setelah Anda memilih jenis bisnis waralaba yang Anda inginkan, maka pelajari setiap penawaran waralaba produk tersebut. Pastikan Anda cermat dalam memilih, pelajari karakter pemilik waralaba, gali informasi yang banyak, belajar kiat sukses dari mereka. Yang juga perlu dipelajari adalah  SOP, tools komunikasi, sistem waralaba, program training, dan testimoni penerima waralaba lain.

4. Tahu Resiko yang Dihadapi.

Pastikan Anda paham setiap butir klausul dalam perjanjian sehingga Anda tidak akan dirugikan di kemudian hari jika ada masalah

5. Riset Pasar.

Jika Anda menemukan lokasi yang tepat untuk membuka waralaba maka bisnis akan berkembang dengan baik dan begitu pula sebaliknya.

6. Pasokan Bahan Baku

Pastikan tidak ada masalah dalam distribusi bahan baku dari pemberi kepada penerima waralaba karena akan berpengaruh pada layanan. Jika bahan baku yang dibutuhkan adalah bahan impor, maka perencanaan yang matang akan membantu pengontrolan pengadaan bahan baku.

7. Jaga kualitas Produk dan Layanan

Setiap waralaba memiliki sistem yang seragam termasuk dalam produk yang ditawarkan, penataan toko, dan layanan. Jagalah dan tingkatkan selalu kualitas produk dan layanan agar sesuai dengan citra waralaba dan pelanggan akan terpuaskan. Bisnis waralaba terdengar mudah dilakukan.Tapi jika tanpa komitmen, rencana matang, arah yang jelas, maka tidak akan berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *