Inovasi Bisnis – 8 Area Inovasi Mengembangkan Bisnis

Inovasi Bisnis – 8 Area Inovasi Mengembangkan Bisnis

Salah satu manfaat dari adanya persaingan usaha adalah pebisnis dituntut untuk terus melakukan inovasi untuk mengembangkan bisnisnya. Fokus inovasi bisnis sering dilakukan hanya di area produk dan brand saja. Namun, area inovasi bisnis tidak terbatas lahir dari dua area tersebut. Inovasi bisnis dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana hingga yang kompleks sesuai dengan kondisi dan proses yang sedang berlangsung.

Pebisnis yang baru atau berpengalaman di bidangnya perlu memahami area inovasi apa saja yang perlu dikembangkan. Terdapat 8 Area Inovasi Bisnis yang dapat dikembangkan:

1. Produk

Mengembangkan produk yang sudah ada atau menciptakan produk jadi lebih menarik atau unik akan lebih mudah melekat di hati masyarakat. Selain itu, kemasan juga harus dibuat lebih inovatif dengan bentuk kemasan yang menarik dan petunjuk di kemasan yang tepat.

2. Brand

Setiap pelaku usaha selalu menginginkan brand produk mereka mudah diingat oleh konsumen. Gunakan jasa konsultan desain merek merupakan satu cara untuk mendapatkan merek yang sesuai dengan produk yang dijual.

3. Layanan

Meningkatkan kualitas layanan berdampak positif terhadap citra perusahaan, peningkatan penjualan dan awareness dari konsumen terhadap produk. Observasi menyeluruh, penyediaan kotak saran, karakter customer service yang kuat adalah bentuk layanan lengkap untuk konsumen.

4. Marketing

Inovasi marketing muncul dari adanya inovasi dalam area layanan. Tim marketing berperan penting dalam mengusulkan inovasi, memperhitungkan potensi dan rencana peluncuran produk yang tepat sasaran.

5. Advertising

Berinovasi dengan web atau social media atau internet merupakan langkah modern untuk mendukung bentuk advertising konvensional yang sudah dilakukan.

6. SDM

Proses seleksi karyawan yang tepat menghasilkan karyawan yang berkarakter, tepat posisi, dan mampu memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Lingkungan kerja yang kondusif dan playful juga memacu karyawan untuk berinovasi dan kreatif  untuk kemajuan perusahaan.

7. Teknologi

Bantuan teknologi modern dalam proses produksi untuk menunjang produktivitas, berumur panjang dengan perawatan yang tepat dan presisi yang tinggi.

8. Sistem keuangan

Sistem keuangan konvensional diubah dengan basis IT sehingga neraca keuangan tersimpan dengan lebih rapi, jelas, dan transparan.

Dengan demikian, inovasi berperan penting dalam hidup matinya perusahaan. Maka sebaiknya Anda melakukan inovasi bisnis sejak dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *