Bisnis Franchise – 4 Kiat Memilih Bisnis Franchise

Bisnis Franchise – 4 Kiat Memilih Bisnis Franchise

Pengusaha muda yang kreatif dan penuh inovasi memberi warna di dunia franchise dan banyak sekali bisnis franchise bermunculan dengan meriah. Sebelum memilih bisnis franchise, ada 4 faktor yang harus dipelajari, yaitu:

1. Faktor pertama dan utama adalah pada diri franchisee itu sendiri

Membangun bisnis franchise tak jauh beda dengan membangun bisnis conventional, perlu persiapan mental dan mind set yang bagus. Apa tujuan Anda membeli bisnis franchise, untuk menghabiskan waktu, investasi, atau memang ingin belajar bisnis.

Jika Anda salah menempatkan tujuan maka, franchisee akan merasa menjadi victim dan tidak memiliki mental mandiri untuk mengembangkan bisnis franchise tersebut sehingga suka menyalahkan, mengingkari serta mencari-cari alasan mengapa bisnisnya kurang berkembang.

Franchisee yang tidak memiliki tujuan yang tepat dalam bisnis franchise, satu-satunya sasaran tembak adalah Franchisor. Misalnya:

  • Menyalahkan franchisor karena tidak mendukung system
  • Sistem tidak berjalan sesuai harapan
  • Profit tidak ada
  • Cashflow mulai terganggu
  • Bekerja lebih keras daripada saat menjadi karyawan

Faktor pertama yang membuat keberhasilan di bisnis franchise adalah franchisee itu sendiri.  Jadi ketika anda membeli franchise, anda memutuskan untuk menggabungkan diri kedalam sebuah TEAM karena franchisee bukan customer.

2. Faktor kedua adalah dari sisi franchisor itu sendiri

Franchise bagi seorang franchisee 80% system, 20% relationship. Namun bagi franchisor 80% harus relationship, 20% system sehingga Anda harus menciptakan relationship yang solid karena franchisee adalah team anda. Selain itu harus punya sikap komunikatif, artinya harus bisa membangun komunikasi dengan para franchisee nya hingga tercipta suasana yang harmonis dan saling keterbukaan.

3. Faktor ketiga adalah  industri

Ada franchise yang sedang sun set atau sun rise. Cara melihat tren industry franchise adalah lihat saja perkembangan industry franchise tersebut, apakah makin banyak cabang atau banyak yang berguguran.

4. Faktor keempat adalah kompetisi

Apakah franchise yang akan Anda pilih ini sudah kompleks sekali persaingannya? Dan seberapa cepat perubahan yang ada di industry tersebut? Apakah  cepat sekali atau justru sebaliknya? Jadi lakukan penelitian terlebih dahulu jika ingin membeli bisnis franchise.

 

Semoga bermanfaat….

Tetap Semangat dan Salam Pencerahan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *