Bisnis – Tujuh Area Vital Kerajaan Bisnis Anda

Bisnis – Tujuh Area Vital Kerajaan Bisnis Anda

Melewati masa-masa sulit memang banyak tantangan, ada hal yang harus anda kerjakan pada saat bersamaan. Tujuh area yang sangat penting disaat anda memulai bisnis. Sebagian dari Anda memulai bisnis dengan keterbatasan modal, sumber daya manusia, waktu dan pengetahuan menjadi profit dan perusahaan yang maju. Masalah dari pengusaha yang memulai bisnis karena ambisi, kreatif dan terpaksa adalah mereka cenderung melakukan banyak hal karena mengharapkan hasil yang cepat.

Tujuh area yang sangat penting disaat anda memulai bisnis:

1.      Fokus pada customer ideal anda.

Mendapat customer baru sangat penting untuk membangun bisnis yang berkelanjutan, namun mempertahankan customer yang profitable juga sama  pentingnya. Untuk meningkatkan penjualan  pada dasarnya dengan tiga cara: menambah customer baru,meningkatkan frekuensi pembelian mereka, dan membuat customer membeli dengan nilai yang lebih tinggi. Untuk menambah customer yang profitable adalah menentukan “ideal” customer anda dengan menentukan  siapa target customer ideal anda, customer yang memberi anda profit lebih besar dari customer lainnya.

2.      Fokus pada Cashflow bukan hanya Penjualan dan Profit.

Cash flow statements harus anda laporkan secara mingguan. Semakin konsisten, semakin fantastik hasilnya. Tentukan breakeven revenue yang anda butuhkan untuk menutupi biaya operasional dan cash reserve anda. Tanpa sadar kita tidak tahu kalau ada kebocoran dibisnis kita. Tanda sederhana yang bisa dijadikan indikasi di bisnis kita adalah bisnis sering kali mengalami kekurangan cash sehingga owner harus menyuntikkan dana segar terus menerus.

3.      Fokus pada Revenue Producing Activities.

Pastikan fokus anda dan team ada pada alokasi waktu untuk menghasilkan omset bukan pada planning, atau administrasi. Menjual, marketing, produksi adalah tempat uang anda berada. Jika team anda fokus ditempat yang salah, akan membunuh bisnis anda perlahan-lahan.

4.      Fokus pada produk yang paling diminati.

Jangan terjebak dengan aktifitas yang tidak memberikan hasil. Ketahui semua ukuran kesuksesan dari setiap kegiatan anda. Ukur semua strategi pemasaran anda, salesman anda, iklan, brosur, promosi, program anda. Hentikan yang tidak menghasilkan, tingkatkan apa yang sudah berhasil. Jika anda tidak mencatat skor setiap aktifitas, anda tidak bisa membedakan apakah anda menang atau kalah.

5.      Fokus pada Pelayanan PRIMA!

Jangan menjadikan customer service menjadi sebuah departemen. Semua karyawan anda adalah customer service representative, semua benda mati dan benda hidup di perusahaan anda adalah customer service. 

6.      Fokus mencari team yang ideal.

Cari karyawan yang ideal. Anda  memang harus mengeluarkan biaya kompensasi lebih besar, namun jangan berusaha berhemat dengan mengerjakan semua aktifitas anda seorang diri karena waktu  anda lebih berharga untuk mencetak cash dan profit.

7.      Berani untuk meningkatkan kualitas bukan hanya kuantitas.

Belum tentu  Big is Beautiful karena meningkatkan penjualan dua kali lipat belum tentu membuat cashflow anda tambah positif. Kuantitas banyak belum tentu mencetak kualitas profit yang positif.

 

Semoga bermanfaat

Tetap Semangat dan Salam Pencerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *