Strategi Pemasaran – Strategi Pemasaran yang Efektif

Strategi Pemasaran – Strategi Pemasaran yang Efektif

Strategi Pemasaran – Strategi Pemasaran yang Efektif

Dalam bisnis, pemasaran menjadi ujung tombak keberhasilan usaha. Tanpa pemasaran yang tepat, bisnis tidak mudah untuk berkembang. Sebagus apapun produknya namun bila tidak dibarengi dengan kemampuan memasarkan secara efektif, bisnis hanya akan jalan di tempat. Diperlukan langkah kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai target dan mencapai kepuasan konsumen. Berikut beberapa langkah dalam menciptakan strategi pemasaran:

1. Promosi

Lakukan upaya promosi dengan efektif sesuai dengan budget promosi yang telah disediakan. Bentuk promosi yang paling sering digunakan antara lain Iklan di berbagai media, sms marketing, dan diskon.

2. Penelitian atau Survey

Survey dilakukan untuk menentukan tempat pemasaran yang strategis, target market yang sesuai dan keinginan konsumen. Penelitian pasar juga dapat menjawab waktu peluncuran yang tepat dan alasan kehadiran produk yang di tawarkan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui keutamaan yang didapatkan konsumen dari produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Segmentasi Pasar

Pasar terdiri dari pelanggan potensial yang mau dan mampu ambil bagian dalam jual beli, guna memuaskan kebutuhanatau keinginan tersebut. Bidik segmen pasar tertentu yang memiliki prospek bisnis yang bagus dan sesuai dengan target konsumen dari produk yang ditawarkan.

4. Word of Mouth

Strategi Word of mouth  merupakan strategi pemasaran tradisional yang tidak pernah dilupakan pebisnis. Strategi ini merupakan efek timbal balik yang dilakukan oleh konsumenataurelasi karena mrk merasa terpuaskan dengan produk yang telah dijual. Pemasaran Word of Mouth tidak membutuhkan biaya, bisa dibilang ini adalah strategi pemasaran gratis yang sangat efektif.

5. Teknologi

Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan dalam pemasaran bisnis yang efektif karena kemudahan penggunaan dan besarnya manfaatnya. Gunakan internet, buatlah web, blog, atau aktif di social media untuk memasarkan produk Anda. Dengan menggunakan internet, maka Anda hanya membutuhkan sedikit biaya dengan jangkauan luas untuk mendapatkan konsumen.

Coba praktikkan strategi pemasaran di atas dan lihat hasilnya pada bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *