Prospecting

Prospecting

Prospecting adalah proses mencari & bertemu orang yang membutuhkan produk/jasa Anda.

Bagi orang tertentu, proses prospecting adalah proses yang sangat menakutkan. Proses inilah yang sebetulnya membuat karir di bidang selling terkesan sangat sulit, rendah dan tidak menarik.

Padahal, prospecting adalah langkah pertama dari proses penjualan. Tanpa prospek, Anda tidak akan pernah bisa berjualan, tidak perduli sehebat apa pun Anda bisa melakukan proses selling yang lain.

Apa Penyebab Sulitnya Prospecting?

Seberapa sering kita didekati oleh seorang salesman yang belum pernah kita kenal sebelumnya? Apa yang kita rasakan? Risih? Terganggu? Lalu apa yang akan Anda lakukan? Biasanya Anda akan menghindar bukan?

Lalu bagaimana caranya untuk mengalahkan rasa takut gagal & takut ditolak?

Takut ditolak

Perasaan ini muncul karena pada saat Anda mendekati seseorang dan menawarkan produk/jasa ke beliau, dia menolak. Anda akan merasa bahwa dia menolak Anda. Padahal yang dia tolak adalah Produk/jasa Anda. Jadi setiap kali Anda ditolak oleh prospek, katakan di dalam hati: ‘Dia belum butuh produk saya’, ‘Saya akan cari orang lain yang membutuhkan produk saya’.

Dalam prospecting, Anda tidak mungkin menghindari penolakan. Tinggal bagaimana meresponi penolakan itu yang penting. Katakan pada diri Anda sendiri, ‘Dia menolak produk saya, bukan saya’.

Kalau Anda selalu mendapatkan prospek yang tidak tertarik dengan produk Anda, berarti ada yang salah dengan cara Anda melakukan targeting. Pikirkan matang-matang siapa yang membutuhkan produk/jasa Anda. Orang yang perlu, pasti akan dengan senang hati mendengarkan Anda.

Takut Gagal

Perasaan ini muncul diakibatkan karena pengalaman di masa lalu. Mungkin Anda sudah sering set target tapi tidak pernah mencapainya. Mungkin Anda pernah ditolak sehingga Anda merasa tidak mampu. Padahal bisa saja karena Anda belum dilatih secara profesional untuk melakukan prospecting.

Bagaimana cara mengatasi rasa takut gagal? Mudah. Pelajari teknik prospecting yang benar. Dengan teknik prospectingyang benar, Anda akan mendapatkan lebih banyak prospek. Semakin banyak prospek yang Anda dapatkan, semakin banyak sales yang akan Anda buat. Semakin banyak sales yang Anda buat, semakin tinggi rasa percaya diri Anda. Semakin tinggi rasa percaya diri Anda, semakin berkurang rasa takut gagal Anda.

Cara Prospecting

Prospecting sebetulnya mudah, kalau Anda tahu caranya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Kali ini saya belum spesifik menjelaskan tentang Cold Calling. Walaupun cara ini termasuk yang paling sering dihindari, namun pengalaman saya membuktikan bahwa cara ini masih efektif.

Selain cold call, ada banyak cara lain yang sebetulnya lebih mudah. Kalau Anda mau menangkap Kupu-kupu, mana yang lebih mudah? Anda kejar kupu-kupu tersebut atau Anda kasih bunga yang wangi dan anda tunggu dihampiri oleh kupu-kupu? Tentunya yang terakhir lebih mudah bukan? Nah, agar prospek tertarik dengan Anda, tentunya Anda harus jadi orang yang menarik. Tunjukkanlah bahwa Anda adalah orang yang ahli di bidangnya. Blog adalah media termudah untuk menunjukkan bahwa diri Anda orang yang ahli.

Kalau jualan Anda adalah produk yang membutuhkan penjelasan yang lebih lama, seminar atau workshop adalah media yang tepat untuk menarik prospek keluar dari sarangnya. Adakan seminar atau workshop gratis. Berikan ilmu atau pengalaman kepada mereka. Biarkan mereka tahu siapa Anda dan apa yang Anda jual. Setelah itu, masalah menjual tentulah tinggal perkara yang mudah.

Akhir kata : Prospecting adalah permainan Angka. Semakin banyak Anda lakukan, akan semakin banyak Anda dapatkan hasilnya. Buat keputusan untuk melakukan apa pun yang benar untuk mendapatkan prospek. Kuatkan mental Anda. Hasilnya pasti datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *