Marketing Strategy – Marketing Strategy ‘Word Of Mouth’

Marketing Strategy – Marketing Strategy ‘Word Of Mouth’

Marketing Strategy – Marketing Strategy ‘Word Of Mouth’

Salah satu marketing strategy yang cukup efektif dan digunakan oleh pebisnis adalah Word of Mouth yang disebut juga pemasaran dari mulut ke mulut. Saat ini, marketing strategy Word of Mouth dianggap sebagai teknik tradisional sehingga tidak dianggap penting untuk memasarkan produk atau bisnis. Namun, strategi Word of Mouth terbukti memiliki peran penting dalam membangun awareness konsumen terhadap produk atau perusahaan.
marketing strategy Word of Mouth memiliki kekuatan karena tidak diperlukan biaya atau gratis untuk melakukannya. Selain dapat meningkatkan awareness dari konsumen namun penjualan, dan loyalitas konsumen juga akan meningkat.

Cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan marketing strategy Word of Mouth antara lain:

1. Prospek orang yang paling berpengaruh dalam satu komunitas.

Karakter seorang pengikut adalah selalu mengikuti apa yang dilakukan atau dibeli oleh pemimpin mereka. Dengan menyasar orang yang paling berengaruh dalam suatu komunitas maka  besar kemungkinan bawahan akan mengikuti apa yang mereka lakukan. Dengan ini akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnis Anda dan menyebarluaskan produk atau perusahaan Anda kepada peer group mereka.

2. Memberikan pelayan yang terbaik kepada setiap konsumen.

Kepuasan konsumen terbangun dari banyak faktor, salah satunya adalah pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang memuaskan meliputi: mendengar keluhan, menjalankan saran, memperbaiki kekurangan, menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Dengan pelayanan terbaik maka secara tidak langsung konsumen akan menginformasikan bisnis Anda kepada keluarga, teman, atau relasi bisnis mereka.

3. Buatlah bisnis dengan konsep yang berbeda.

Menjual barang yang sama dengan konsep yang berbeda maka akan membuat Anda tampil di barisan depan. Kenapa demikian? Karena dengan bersikap berbeda, maka akan menarik peliput berita untuk mempromosikan bisnis Anda ke khalayak ramai. Dengan adanya promosi tidak langsung di media akan menjadikan masyarakat berminat untuk mencoba produk Anda.

Perlu diketahui bahwa untuk mendapat manfaat marketing strategy Word of Mouth secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pebisnis. Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga kualitas produk dan layanan Anda agar konsumen menginformasikan hal-hal positif ke lingkungan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *