Kiat Merangkul Pelanggan

Kiat Merangkul Pelanggan

Dalam Bisnis, pelanggan adalah yang paling utama. Baik itu dalam usaha perdagangan atau jasa, Dalam merangkul pelanggan, kita diharuskan mengetahui kebutuhan kebutuhan mereka yang dapat dilakukan dengan banyak cara. Berikut adalah kiat dalam Merangkul Pelanggan yang dapat dilakukan agar mereka kembali membeli di tempat kita.

Personal Approach.

Sering seringlah mengadakan pendekatan secara personal kepada pembeli kita, agar dia menjadi pelanggan tetap kita. Awalilah dengan sering seringnya menyapa dan mengingat namanya dengan ini mereka akan menganggap mereka lebih istimewa dibanding pembeli yang lain. Buatlah target yang tepat dalam usaha anda, apakah kepada kalangan anak anak, remaja, dewasa atau orang tua. Sering seringlah mencatat dan menyediakan kebutuhan mereka.

Accurate Information.

Kekecawaan seorang pembeli mengakibatkan tidak kembalinya lagi dia ke usaha anda. Maka dari itu, berusahalah pergunakan barang barang yang bagus demi meminimalkan komplain. Jika memang barang yang kita miliki ada kekurangan, janganlah segan segan sebelum pembeli membeli barang tersebut menjelaskan kelemahan yang dimiliki hal seperti ini akan lebih dihargai daripada anda memberikan janji janji palsu yang pada akhirnya mereka tidak kembali lagi.

Win-win Solution.

Win-win solution secara sederhana dapat diartikan suatu situasi dimana para pihak (umumnya dua pihak) memperoleh keuntungan dan atau kerugian yang relatif seimbang saat memutuskan suatu permasalahan yang melibatkan kepentingan para pihak tersebut. pada situasi ini jika kita terlibat suatu masalah dengan pihak pelanggan kita, gunakanlah prinsip ini sehingga reputasi buruk tidak hinggap di usaha kita. Inti pendekatakan win-win solution adalah adalah adanya sebuah solusi yang memuaskan semua pihak, bukan kemenangan satu pihak, atau kemenangan semu. Semua pihak harus mendapat keuntungan atau kerugian yang proporsional sesuai dengan posisi objektif para pihak yang terlibat.

Komunikatif.

Komunikasi adalah sarana dimana kita dapat menyampaikan apa yang kita inginkan (umumnya dua pihak), maka gunakanlah komunikasi yang baik dengan pembeli sehingga menjadikannya pelanggan kita. dengan komunikasi kita dapat menyampaikan atau menginformasikan produk atau layanan terbaru kita.

Give a Reward.

Berilah apresiasi berupa hadiah atau bonus kepada pelanggan setia anda, misalnya jam dinding atau pulpen yang dipesan khusus sebagai ucapan terima kasih pada pelanggan setia Anda.

Agar omset perusahaan Anda naik, Kiat ini dapat digunakan juga sebagai ajang promosi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *