Market Leader – Cara Menjadi Market Leader

Market Leader – Cara Menjadi Market Leader

Market Leader – Cara Menjadi Market Leader

Menjadi market leader di usaha yang ditekuni merupakan impian semua pebisnis untuk menunjukkan keberhasilan dan eksistesi perusahaannya. Brand Aqua, Indomie, Sunsilk mampu bertahan hingga lebih dari satu dekade dan menjadi market leader di bidangnya masing-masing. Kenapa demikian? Karena setiap brand tersebut punya strategi yang tepat, usaha keras dan waktu yang cukup untuk menanamkan image produk mereka di hati konsumen.


Anda sebagai seorang pebisnis pasti juga ingin jadi market leader. Lalu, bagaimana caranya agar berhasil menjadi market leader di bisnis Anda?

1. Memiliki keunggulan atau nilai lebih

Ciptakan produk yang menjadi solusi kebutuhan konsumen dan memiliki nilai lebih agar konsumen tidak mudah bosan. Memiliki nilai lebih berguna untuk menciptakan daya saing yang strategis dan value produk yang tinggi dibanding dengan produk dari pesaing

2. Inovasi

Perbaiki, perbaharui, dan terus berinovasi dalam cakupan produk, layanan, hingga nilai jual produk. Inovasi merupakan pondasi menuju market leader. Semakin inovatif produk yang ditawarkan, semakin besar peluang pasar yang didapatkan.

3. Mampu bertahan dalam bisnis

Syarat untuk bertahan dalam bisnis yang digeluti adalah dengan lancarnya distribusi produk dari hulu-hilir hingga mudah dijangkau konsumen. Lancarnya distribusi juga perlu ditunjang dengan mampu berada di posisi teratas dalam persaingan usaha produk yang sama atau sejenis.

4. Produktif

Pembagian kerja yang jelas, efektif, sesuai dengan keahlianatau posisi karyawan mampu meningkatkan produktivitas kerja. Tingkat produktivitas usaha akan mengurangi beban perusahaan dengan penurunan biaya produksi dan produksi semakin efisien.

5. Profitabilitas

Profitabilitas dapat diukur dengan mengaitkkan laba yang diperoleh dari penjualan dengan aset yang dimiliki untuk menghasilkan keuntungan perusahaan. Profit atau keuntungan yang berkelanjutan akan tercapai selama produktivitas meningkat, biaya produksi berkurang, dan penjualan juga meningkat.

Berhasil menjadi market leader akan membuka peluang bagi bisnis Anda untuk mengembangkan pasar dan mencapai kesuksesan. Maka berusahalah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *