Cara Bisnis – Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Cara Bisnis – Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Tujuan utama dari suatu bisnis adalah mendapatkan profit atau keuntungan. Agar bisnis yang dijalankan mendapatkan banyak keuntungan, tentu Anda harus memiliki cara bisnis yang tepat. Selain itu Seorang pengusaha harus memfokuskan untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.

Berikut ini cara bisnis yang dapat meningkatkan keuntungan Anda :

 

  • Menaikkan Harga

Dalam menaikkan harga harus memperhatikan beberapa hal yaitu mengenai: jenis produk, harga pesaing, kondisi ekonomi,  variasi produk, dan lain-lain. Akan tetapi para pengusaha tidak berani untuk menaikkan harga karena takut apabila barang kurang laku atau omzet akan turun. Sehingga harus mempunyai alasan yang kuat mengapa harga produk naik.

Misalnya karena barang mempunyai manfaat yang besar, melebihi harga yang ditawarkan ; produknya unik, tanpa pesaing ; harga bahan baku naik, sehingga tidak mungkin kalau harga jual produk tidak dinaikkan ; dan sebagainya.

  • Meningkatkan jumlah customer baru

Banyak cara meningkatkan jumlah customer yang baru, antara lain dengan mencari media untuk memasarkan produk.

 

  • Meningkatkan jumlah pembelian per customer

Jangan hanya mencari customer baru, tetapi customer lama dilupakan. Customer lama adalah customer yang sudah mempunyai kepercayaan terhadap produk Anda, sehingga “biaya” untuk mempertahankan customer lama lebih mahal dari pada mencari customer baru sehingga customer lama harus dipertahankan. Misalnya dengan menawarkan produk yang melengkapi produk utama yang diinginkan customer, menawarkan spesifikasi yang lebih besar dengan harga yang mahal pula, jangan lupa manfaatnya juga harus melebihi harga yang ditawarkan.

  • Menjadikan customer sebagai pemasar

Kepuasan customer akan produk dan pelayanan yang diberikan merupakan modal pemasaran yang paling murah, karena customer akan menyebarkan usaha Anda ke orang lain dan orang akan jauh lebih percaya terhadap pelanggan Anda.

 

Kepuasan pelanggan harus diwujudkan di bisnis Anda. Produk dan pelayanan Anda harus mampu menjadikan customer memiliki loyalitas tinggi.

 

Semoga bermanfaat

Salam pencerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *