7 Hal Yang Diinginkan Customer

7 Hal Yang Diinginkan Customer

Apa yang sebenarnya customer inginkan?

Yang paling menarik, apa yang kita pikir diinginkan customer ternyata seringkali jauh dari kenyataan. Mari kita lihat apa yang sesungguhnya diinginkan customer.

Ada tujuh motif yang umum dimiliki seorang customer  jika memutuskan membeli sebuah produk:

 

 

1. Mudah untuk membeli

Kebanyakan customer tidak menginginkan proses yang kompleks, rumit, bertele-tele dan banyak membuang waktu. Customer  sangat berharap proses yang lebih cepat, simple, dan mudah dalam melakukan transaksi pembelian. Terutama untuk produk kebutuhan sehari-hari.

2.Menjual di tempat yang tepat

Customer mencari produk di lokasi yang tepat yaitu  tersedia di tempat berkumpulnya calon pembeli. Sering kali ada penjual yang tidak memikirkan lokasi tempat menjual produknya. Tempat yang tepat  adalah syarat penting dalam melakukan penjualan karena disitu adalah tempat  calon pembeli potensial berkumpul untuk melakukan transaksi jual beli. Dengan memilih tempat yang tepat maka produk kita akan banyak dikenal dan mendatangkan profit yang diharapkan. Sehingga pembeli juga mudah dalam menemukan produk yang mereka cari.

3.Terjangkau

Selainkebutuhan pokok, customer juga memerlukan barang-barang sekunder. Jika  Customer perlu barang-barang selain kebutuhan pokok , mereka tetap akan membeli barang sekunder, syaratnya jika harga nya terjangkau.

4.Aman

Dalam membeli produk, customer selalu memperhatikan factor aman.Aman berarti mengurangi risiko, tahan lama, bisa diandalkan, pemeliharaan mudah, service after sales berkelanjutan. Sehingga customer puas dengan produk kita dan akan menjadi customer yang loyal.

5.Penampilan

Dalam melakukan penjualan, pihak penjual harus memperhatikan seberapa baik menciptakan presentasi produk sehingga terlihat cantik dan menarik dihadapan customer. Apa yang dijual mungkin sama dengan kompetitor tetapi cara menjual, cara menampilkan dan cara menyajikan  akan sangat berbeda dengan kompetitor. Sehingga customer lebih tertarik pada produk kita disbanding produk kompetitor lain.

6. Inovasi

Produk yang selalu melakukan inovasi akan menjadi produk terdepan, selalu diikuti oleh para follower pada produk yang sejenis  dan  menjadi bahan perbincangan para customer . Jadikan trend yang membuat customer merasa ketinggalan jika belum memiliki produk yang dimiliki.

7.Daya Tahan

Daya tahan dalam kamus customer sama dengan harga yang murah, dalam hal ini  customer juga sangat mempertimbangkan kualitas. Jangka waktu pemakaian berhubungan langsung dengan kualitas produk yang dijual. Jika Anda menjaga kualitas produk, tanpa diragukan Anda telah mengatasi persaingan yang dramatis.

Jadi  buka telinga lebar-lebar, buka hati lebar-lebar. Jangan mudah  tersinggung jika customer mencela produk anda. Jadikan setiap feedback dari customer Anda sebagai ‘guru’ yang selalu mengingatkan Anda untuk maju lebih cepat dibanding kompetitor.

Semoga bermanfaat dan TETAP SEMANGAT

Salam Pencerahan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *