4 Cara Menaikan Omzet Penjualan

4 Cara Menaikan Omzet Penjualan

4 Cara Menaikan Omzet Penjualan

Omzet penjualan sangat penting bagi seorang pengusaha untuk melihat apakah produk yang dijual tersebut laku dipasaran/disukai konsumen atau tidak laku. Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan omzet penjualan dalam usaha. Antara lain :

1. Mencari customer baru. Banyak cara yang dilakukan untuk mencari customer baru. Antara lain dengan cara mempromosikan produk-produk yang dijual degan menambah media promosi, atau mengikutsertakan dalam pameran. Hal ini memang membutuhkan biaya yang mahal, tetapi di sisi lain akan memperkenalkan produk-produk kita kepada masyarakat luas. Dan masyarakat akan tahu bila produk yang dijual memang pantas untuk bersaing di dunia perdagangan.

2. Mempertahankan customer lama. Mempertahankan customer lama memang “mahal” dari pada mencari customer baru. Dengan melengkapi produk yang baru dari produk utama yang dibeli oleh customer lama, maka akan bisa mempertahankan customer lama untuk tetap menjadi pelanggan setia di perusahaan kita. Misalnya produk utama yang dibeli oleh customer adalah komputer, maka kita melengkapinya dengan aksesoris komputer dan perlengkapan yang lain.

3. Menambah volume penjualan per customer. Hal ini bisa dilakukan dengan menambah manfaat/kegunaan dari produk yang dibeli oleh customer sehingga harga jual juga akan tinggi. Selain itu juga menawarkan produk yang lain atau produk yang baru agar produk yang dibeli tidak hanya satu items saja.

4. Pelayanan yang ramah. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Dengan pelayanan yang ramah maka akan meninggalkan kesan kepada customer sehingga secara tidak langsung customer akan menjadi media promosi yang gratis karena mereka pasti akan menceritakannya kepada teman-teman atau kolegannya bahwa bila membeli produk di perusahaan kita pelayanannya ramah dan produk lengkap

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam pencerahan dan sukses untuk kita semua !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *