Tingkatkan kekuatan otak Anda, 8 tips ini membantu mengingat hal yang telah dipelajari

Tingkatkan kekuatan otak Anda, 8 tips ini membantu mengingat hal yang telah dipelajari

Tingkatkan kekuatan otak Anda, 8 tips ini membantu mengingat hal yang telah dipelajari

Pikiran memiliki kemampuan fenomenal untuk menyimpan dan mengingat sejumlah besar informasi. Banyak orang berharap mereka memiliki kemampuan memori yang baik untuk mempelajari sesuatu.

Ketika banyak cara dilakukan masih sama saja, maka tips berikut ini akan sangat membantu meningkat daya memori otak Anda. Terdapat 8 tips untuk mengingat segala sesuatu yang telah Anda pelajari, berikut :

1. Meringkas setiap paragraf yang telah Anda baca

meringkas-paragraf-buku

Setelah Anda selesai membaca sebuah paragraf, kemudian menulis ringkasan kecil pada post it dan menempelkan di pinggir sebuah halaman. Ini berarti Anda telah mengolah paragraf tersebut menjadi sebuah kalimat yang mudah dicerna oleh otak Anda. Kemudian suatu saat Anda baca lagi ringkasan tersebut, hingga Anda benar menghafalnya.

2. Jangan pernah belajar ketika sedang sibuk dengan pekerjaan lain

sibuk-bekerja-atau-belajar

Jika Anda memaksakan diri untuk tetap belajar dalam waktu yang tidak relevan itu sangat tidak mungkin Anda berhasil menangkap semua materi.

Misal seorang mahasiswa yang besok akan ujian, tetapi menggunakan cara belajar sistem kebut semalam (SKS). Hal ini malah akan membuat otak menjadi stres dan semua materi yang telah dibaca sebelumnya akan menjadi lupa.

3. Hidupkan Mode:Silent untuk semua gadget disekitar Anda

matikan-gadget-disekitar-anda

Mungkin Anda sedang memakai laptop, sambil memegang HP, menghidupkan TV, dan sedang diteriaki oleh ibu karena makan malam sudah dihidangkan. Anda akan mampu belajar dengan baik jika menghindari semua hal yang mengalihkan perhatian ketika sedang asiknya belajar.

Tetapi jika anda lebih konsentrasi ketika terdapat musik, boleh dilakukan tapi sebaiknya tidak menghidupkan lirik yang bisa dibaca oleh mata.

4. Ulangi tulisan yang telah Anda pahami maknanya

mengulagi-tulisan-lagi

Tulis semua yang telah Anda pahami, pakai buku catatan dan tulis minimal 3 kali. Hal ini mungkin tampak menyusahkan itu berarti Anda sudah mampu mengingat semuanya.

5. Gunakan visual untuk mendorong ingatan menjadi lebih tajam

belajar-dengan-gambar

Banyak orang yang tidak menyadari hubungan antara gambar dengan memori. Dalam sebuah kasus ketika Anda lebih mengingat gambar daripada lainnya.

Misalnya, jika Anda berkenalan dengan 10 orang baru melalui telepon, Anda mungkin hanya mengingat satu atau dua nama. namun, jika Anda diperkenalkan kepada orang-orang baru di sebuah pesta, Anda lebih mudah untuk mengingat banyak wajah yang telah dilihat oleh mata.

Untuk membantu mengingat semua informasi maka memvisualisasikan semua apa yang dipelajari. Gambar akan lebih melekat pada memori sehingga lebih mudah Anda untuk mengingat informasi.

6. Pelajari berbagai hal menarik yang telah Anda lewati sepanjang hari

belajar-hal-menarik

Mempelajari hal yang menyenangkan lebih mudah daripada hal-hal yang membosankan untuk kita. Misalnya ketika Anda sedang membuka socmed, tiba-tiba Anda melihat video tutorial memasak kue dengan bahan sederhana. Anda pasti akan sesegera mungkin membuka video hingga mempelajarinya.

7. Tidur merupakan aktivitas yang vital sebagai penompang setiap kegiatan

tidur-yang-cukup

Berapa lama waktu tidur yang Anda dapatkan akan mempengaruhi ingatan terbaik dari hal yang telah Anda pelajari. Jika Anda begadang semalaman untuk belajar, pastikan juga mendapatkan tidur yang cukup sehingga ketika Anda bangun segar kembali untuk memulai kegiatan lainnya.

8. Cobalah menghubungkan yang dipelajari dengan hal-hal yang pernah Anda lakukan

belajar dari kebiasaan

Ketika Anda belajar sesuatu yang baru, cobalah untuk menghubungkannya dengan sesuatu yang Anda sudah tahu. Ini akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk mengingat informasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *