Multiple Intelligence – Serba Serbi Multiple Intellegence

Multiple Intelligence – Serba Serbi Multiple Intellegence

Multiple Intelligence merupakan teori yang dikemukakan oleh Prof. Howard Gardner, pengajar di Fakultas Pendidikan Universitas Harvard,  pada tahun 1983. Teori ini menerangkan bahwa tingkat kecerdasan manusia tidak bisa hanya diuji dengan tes IQ – kecerdasan yang bersifat mutlak- saja. Oleh karena itu Howard Gardner mengusulkan 8 macam kecerdasan untuk mengukur potensi yang dimiliki anak-anak dan orang dewasa.

Macam-macam Kecerdasan menurut Howard Gardner adalah sebagai berikut:

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan dalam mengolah kata-kata secara efektif secara lisan maupun tulisan. Individu yang memiliki kecerdasan linguistik dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, gemar membaca dan menceritakan kembali tulisan dengan lisan yang menarik. Misalnya : jurnalis, orator dan pengacara.

2. Kecerdasan Matematis-Logis

Kecerdasan dalam hal angka dan logika, berpikir  dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis dan pandangan hidupnya bersifat rasional. Misalnya: ilmuwan, akuntan dan programmer.

3. Kecerdasan Visual-Spasial Kecerdasan

Kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual spasial. Misalnya: arsitek, fotografer dan insinyur teknik.

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Kecerdasan  mencakup bakat dalam menggunakan tubuh atau gerak tubuh. Misalnya: Atlet, tukang jahit, montir.

5.  Kecerdasan Musikal

Kecerdasan untuk menyerap, mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk musik. Misalnya: musisi dan komposer.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak dan temperamen orang lain. Misalnya: guru dan negotiator.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri. Misalnya: psikolog, dan wirausahawan.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam. Misalnya: petani, peneliti alam, dan pengamat lingkungan.

Manfaat Tes Multiple Intellegence untuk anak-anak dengan orang dewasa memiliki manfaat yang berbeda.

1. Manfaat untuk anak-anak. Dengan melakukan tes maka orang tua, guru dan linkungan mengenali minat dan bakat yang dimiliki oleh anak sehingga mampu mengarahkan dan mengembangkan kecerdasan mereka seoptimal mungkin. Manfaat lainnya adalah ketika menginjak dewasa, anak akan mampu bertahan di linkungannya dengan berbekal kecerdasan yang mereka miliki.

2. Manfaat untuk orang dewasa.

Tes ini mulai dikembangkan dalam area seleksi karyawan untuk suatu perusahaan. Perusahaan menggunakan tes ini untuk menjaring individu yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan perusahaan. Hal ini disebabkan tes Multiple Intelligence digunakan untuk mengukur dan mengetahui sifat-sifat mendalam alias nilai-nilai atau value seseorang termasuk pengalaman-pengalaman traumatic seseorang sehingga orang tersebut bisa mengetahui dan merubah sifat-sifat atau  value guna mencapai tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *