Semua Amal Ada Nilainya

Semua Amal Ada Nilainya

Semua Amal Ada Nilainya

Allah tidak pelit untuk membalas kebaikan kecil yang dilakukan hamba-Nya yang ikhlas. Walaupun ganjarannya tampak kecil, tetapi tidak ada pahala sekecil apa pun di akhirat nanti melainkan akan menjadi tempat bergantung harapan setiap hamba untuk mengantarkannya ke surga.

“Sesunguhnya Allah tidak menzalimi seorang meskipun sebesar zarrah,dan jika ada kebaikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakanya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar. (An-Nisa’ [4]: 40)”

Dalam hal ibadah, terdapat banyak amalan-amalan kecil dan ringan, serta mudah dikerjakan, tetapi ia memiliki pahala yang sangat besar di sisi Allah Swt. Seperti membaca surat-al-ikhlas yang merupakan salah satu surat terpendek di dalam al-Qu’ran. Rasululah saw., mengatakan bahwa pahala membaca al-ikhlas sama dengan membaca sepertiga al-Qur’an.

Abdurrahman bin ‘Auf Setelah dia hijrah bersama Rasululah saw., ke Madinah, dia tidak memiliki dan tidak membawa apa-apa sebagai bekal hidup. Akan tetapi, keimanan yang mendalam kepada Allah dan kecintaan yg tiada tara kepada Rasululah saw., telah menganugrahi kecerdasan financial yang belum ada tandingannya, sehinga dia menjadi konglomerat yang paling banyak bersedekah dan berjihad di jalan Allah.

Kisah itu emang unik, tetapi banyak hal unik terjadi dalam hidup kita tidak terjadi secara kebetulan. Semuanya telah dirancang Allah sedemikian rupa, agar setiap benih kebaikan yang kita tanam bisa kita petik kembali hasilnya suatu saat kelak. Itu adalah sunah Allah yang berlaku di alam semesta ini.

Anda tentu pernah dengar bahwa Rasululah saw bercerita kepada sahabat tentang pelacur yang masuk surga hanya karena memberi minum seekor anjing yang hampir mati

Ambil hikmah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *