Pikiran Mempengaruhi Sikap

Pikiran Mempengaruhi Sikap

Manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna. Ia dibentuk oleh kehidupan,  pengetahuan, nilai-nilai, dan keyakinan yang melahirkan sikap. Karena itu, lebih dari 90% diksp kita bersifat spontan, terjadi tanpa pertimbangan logis. Sikap kita sering terjadi karena kebiasaan dan pengaruh dari luar. Jangan melakukan generalisasi hingga anda mengatakan bahwa orang tertentu sebagai sesosok yang negatif.

Sebab, yang anda vonis adalah sikap ,bukan manusiannya. Bedakan pula antara diri anda dengan sikap anda. Kondisi inilah yang membuat anda tidak bisa tampil sebagai makhluk-Allah yang paling sempurna. Setelah mengetahui bahwa sikap tidak menggambarkan hakikat kita sebagai makhluk paling sempurna, tapi sesuatu yang di program oleh dunia luar hingga terjadi secara spontan.

1. Sikap memusuhi atau menyerang

Penyebabnya adalah rasa takut, tidak percaya diri, dan tidak mampu mengontrol keaaan dengan cara lain. Dalam kondisi seperti ini, ucapan seorang cenderung kasar, meledak – ledak, akan menyerang, dan ekspresi wajahnya berubah. Seseorang menggunakan sikap ini untuk menghindar dari tanggung jawab atau memaksakan pendapatnya pada orang lain.

2. Sikap taat dan menerima

Penyebabnya adalah menghindari bentrok, tantangan, dampak negative tantangan, dan tidak ingin jadi pusat perhatian. Ia tidak akan mengecewakan orang lain. Ia ingin tetap diterima oleh masyarakat hingga ia rela mengurangi haknya. Dengan cara seperti itu, ia merasa tenang karena terhindar dari konflik dan merasa selalu diterima oleh masyarakat. Orang seperti ini bisa jadi dimanfaatkan oleh orang lain hingga ia akan merugi.

3. Sikap tegas dan percaya diri

Laki-laki dengan sikap ini pasti memiliki kemampuan mengendalikan segala sesuatu dan mampu mengontrol diri dalam berinteraksi dengan orang lain.Perempuan dengan sikap semacam ini cenderung menguasai dan menjadi sosok dictator.Orang yang memiliki sikap ini selalu mencari cara baru untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuannya agar selalu berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *