Pikiran Memiliki Proses Yang Kuat

Pikiran Memiliki Proses Yang Kuat

Berpikir itu sederhana dan hanya butuh waktu sekejap.Namun,ia memiliki proses yang kuat dari tujuh sumber yang berbeda.Tujuh sumber itu member kekuatan luar biasa pada proses berpikir dan menjadi referensi bagi akal yang digunakan setiap orang,entah disadari atau tidak.

1.Orangtua

Dari orang tua kita belajar tentang kata-kata,ekspresi wajah,gerakan tubuh dan lain-lain.Proses ini kemudian mengakar dalam membentuk proses berpikir.Proses ini kemudian mengakar dalam diri lalu menjadi referensi utama dalam berinteraksi dengan diri sendiri atau dengan dunia luar.

2.Keluarga

Setelah orangtua,kita melihat dunia lain ,yaitu keluarga.Dari mereka akal menangkap informasi baru dan menggabungkannya dengan informasi yang telah ada.Dengan demikian,proses pembentukan pikiran semakin kuat.

3.Masyarakat

Masyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dengan kita.Akal terus mengikat informasi yang didapat dari luar dan disatukan dengan informasi yang sudah tersimpan di alam bawah sadar.Dengan begitu,proses oembentukan pikiran semakin kuat.

4.Sekolah

Sekolah memiliki pengaruh yang cukup besar dalam proses pembelajaran maka kita akan dengan mudah meniru apa yang ada di sekolah baik yang positif maupun negative.Semua itu memperkaya proses pembentukan pola piker yang sudah ada sehingga menjadi semakin kuat di alam bawah sadar.

5.Teman

Berteman merupakan aktualisasi diri pertama dalam kehidupan karena kita sendiri yang menentukan pilihan,pengaruh orang tua.Selain itu,teman adalah kebebasan dan bukti penerimaan masyarakat.

6.Media Massa

Sebagian besar remaja menonton TV cukup lama hingga 50 jam dalam seminggu.Mereka akan terpengaruh oleh apa yang ditonton,positif atau negative.Jika mereka melihat artis atau idola mereka merokok,besar kemungkinan mereka ikut merokok.

Dalam salah satu program TV yang bertajuk “Ada Solusi Spiritual Bagi Setiap Masalah”Dr Wayne Dyer berkata bahwa sebelum menginjak usia 12 tahun anak-anak sudah menonton sekitar 12.000 tindak pembunuhan yang ditayangkan dalam film-film di layar kaca.

Lebih dari 60% kondisi menyedihkan disebabkan oleh media massa yang menyebarkan hal-hal negative, peperangan, seksualitas dan pelanggaran tata nilai. Sekarang pun siaran televise banyak menayangkan informasi negative dan nyanyian cabul yang tidak mendukung nilai luhur yang dijunjung tinggi. Pengaruh bahaya ini ikut memperkaya proses pembentukan pikiran setiap orang sehingga menjadi semakin kuat dan mendalam dibandingkan sebelumnya.

7.Sumber ketujuh dari proses pembentukan pikiran adalah diri sendiri

Sekian sumber ekstenal turut memperkuat terbentuknya pikiran. Pikiran itu kemudian membentuk keyakinan dan prinsip yang kuat. Selanjutnya kita bisa menambahkan sikap baru yang positif atau negative. Akal menggabungkan sikap baru itu dengan data-data sebelumnya sehigga proses pembentukan pikiran semakin kuat dan mendalam.

Berpikir melahirkan pengetahuan,pemahaman, nilai, keyakinan, dan prinsip. Pikiran menjadi titik tolak bagi tujuan dan mimpi-mimpi. Ia menjadi referensi rasional dalam eksperimentasi, perjalanan hidup, pemaknaan, serta cara memahami kebahagiaan dan kesengsaraan. Pikiran adalah sumber pendorong, perilaku, sikap dan hasil yang kita dapatkan.

Hasil yang didapat tiap orang ditentukan oleh pikiran-pikiran yang berulang-ulang dan dihubungkan dengan persepsinya hingga menjadi keyakinan dan kebiasaan yang dilakukan secara spontan.Pikiran itu menentukan sukses atau gagal dan bahagia atau sengsara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *