Hobi – Peluang Usaha dari Hobi

Hobi – Peluang Usaha dari Hobi

Hobi – Peluang Usaha dari Hobi

Hobi terhadap sesuatu bisa menjadi peluang usaha yang bisa menghasilkan uang. Usaha yang berasal dari hobi biasanya juga akan lebih sukses dan bertahan lama karena hobi, sesuatu hal yang sangat disenangi dan dicintai, akan dikerjakan sepenuh hati, tulus dan berusaha untuk terus maju.

Indonesia dikatakan termasuk salah satu negara yang masih rendah dalam entrepreneurship namun tidak sedikit dari mereka yang sukses menjalankan bisnis karena diawali dari hobi. Lihat saja kesukaan Niluh Djelantik memakai sepatu high heels telah memberikan peluang untuk menjadi desainer sepatu dengan kualitas nomor satu. Dari  berkembangnya bisnis yang digeluti, Niluh bahkan telah dikenal di dunia international dan sepatunay dipesan oleh beberapa artis mancanegara  seperti Uma Thurman dan Gisele Bundchen. Terbukti bahwa dengan tekat kuat, perncanaan yang matang dan terutama passion mampu memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan.

Berikut ini adalah beberapa hobi yang bisa dijadikan peluang usaha.

1. Membuat Kerajinan.

Banyak orang terutama ibu rumah tangga atau mahasiswi punya hobi dalam membuat sesuatu yang bersifat detail, lucu dan menarik. Hobi dari membuat kerajinan seperti kain flanel, rajutan  bisa menghasilkan uang untuk mengisi waktu luang yang ada.

2. Fotografi.

Fotografi adalah hobi yang disukai semua orang dan bisa juga dipergunakan sebagai ide usaha. Usaha fotografi bisa dimulai dari event kecil hingga event besar dengan menyusun portfolio terlebih dahulu atau membuka studio foto.

3. Fashion

Siapa tak kenal Victoria Beckham? Dengan hobinya mendesain baju, akhirnya dia menjadi salah satu desainer papan atas di Amerika. Jika memiliki selera fashion yang berbeda dan trendy, Anda bisa menjadi fashion stylist atau konsultan dengan kemampuan yang Anda punya.

4. Memelihara Binatang

Binatang peliharaan yang bisa dijadikan peluang usaha adalah kucing ras, hamster, burung karena peminatnya yang banyak. Dari sekedar menjual binatang, Anda juga bisa memperluas usaha dengan mendirikan salon binatang, menjual makanan atau pernak pernik.

5. Kuliner

Anda suka wisata kuliner dan sulit menemukan masakan kegemaran di sekitar tempat tinggal Anda? Ini peluang bagi Anda untuk bisa mendirikan tempat makan dengan menu masakan kesukaan kepada khalayak ramai.

6. Bermain Game.

Siapa bilang bermain game tidak ada gunanya? Jika disalurkan ke jalan yang tepat, game bisa menjadi ladang untuk mendapatkan rupiah. Jika punya kemamuan mendesain game, ciptakan aplikasi game berbasis ponsel atau komputer, dan perlihatkan ke khalayak umum.

7. Desain Grafis

Manusia diciptakan dengan bakat masing-masing dan sebagian mempunyai bakat dalam mendesain tanpa mereka harus belajar secara formal. Dengan menggunakan kemampuan ini, Anda bisa mencoba sebagai desainer undangan pernikahan, logo perusahaan atau produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *