Menjadikan 15 hal ini sebagai rutinitas mampu membantumu lebih mudah berpikir cerdas

Menjadikan 15 hal ini sebagai rutinitas mampu membantumu lebih mudah berpikir cerdas

Menjadikan 15 hal ini sebagai rutinitas mampu membantumu lebih mudah berpikir cerdas

Tingkat intelijensi orang berbeda –beda dan sangatlah fleksibel. Banyak hal yang mampu memberikan dorongan intelejensi untuk mampu berfikiran cerdas. Faktor utamanya ada 3 hal dibawah ini :

  1. Melatihnya dengan proses berfikir logis
  2. Selalu mengupdate macam-macam informasi
  3. Fokus akan masalah dan ide

Sebagai contoh, Einstein mampu menemukan ilmu Relativitas karena :

  1. Dia merupakan seorang pemikir logis yang terlatih
  2. Dia tau tentang banyak tentang ilmu fisika
  3. Dia selalu memfokuskan pada masalah

Berikut ini merupakan hal ringan yang jika Anda menjadikannya rutinitas mampu membantumu untuk mudah berfikir cerdas

 

1. Minum Air 2 Gelas setiap hari 30 menit dari bangun pagi

minum-air-putih-bangun-tidur

Setelah semalaman Anda tidur berjam-jam ternyata tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup hingga 6-9 jam. 2 gelas setiap pagi akan mengimbangi cairan tubuh yang telah hilang. Seuah studi menunjukkan bahwa meminum lebih banyak air mampu meningkatkan kemampuan mental dalam menghadapi tugas-tugas setiap hari.

Jangan biarkan otak dehidrasi kekurangan air saat bangun pagi setiap hari

2. Bacalah ringkasan Artikel ketika sarapan jauh disarankan daripada bacaan yang panjang

baca ringkasan buku saat sarapan

Membaca artikel atau berita yang panjang sangatlah bagus, tetapi ketika sarapan pagi lebih cocok membaca ringkasan. Alih-alih membaca yang panjang memiliki dampak kecil pada kecerdasan. Gunakan ringkasan untuk lebih memadatkan wawasan seorang.

3. Gunakan musik sebagai perangsang otak, dengarkan ketika dalam perjalanan

musik-diperjalanan

Pergi ke kampus bagi mahasiswa dan bekerja untuk karyawan. Mendengarkan musik ketika dalam perjalanan mampu meningkatkan perangsangan intelejensi otak Anda. Putar playlist dan radio favoritmu karena mampu meningkatkan refleksi tubuh yang bagus dan meningkat moodmu di pagi hari.

4. Meminum teh hijau untuk menggantikan kopi mampu membantu Anda lebih santai ketika bekerja

minum-teh-manis

Ketika kafein mampu menjadikan orang cemas, tetapi dalam teh hijau memiliki kandungan L-Theanine. Asam amino ini mampu meningkatkan frekuensi gelombang otak alpha seseorang.

gelombang-alpha-otak

Dalam prakteknya ini berarti bahwa di mana kopi dapat menyebabkan kecemasan, teh hijau berkualitas tinggi menyebabkan fokus santai tanpa menginduksi kantuk. Ini juga mengapa l-theanine tersedia sebagai suplemen untuk membantu dalam relaksasi dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Tidur siang saat istirahat meningkatkan produktifitas dan bantu menyegarkan pikiran

tidur-siang

Tidur siang membantu menyegarkan pikiran Anda. Ini telah menunjukkan bahwa tidur siang mampu meningkatkan kecepatan belajar berbagai masalah. Pikiran Anda memiliki ritme yang mengatur ketika mengantuk dan membutuhkan tidur

6. Saat bekerja jangan memakan makanan bergula ketika sedang fokusnya

makanan-manisan

Tetapi jika memang tidak bisa menghindari makanan yang mengandung gula karena sebuah alasan, pastikan untuk menghindari memakannya disaat kondisi lagi sedang fokus bekerja. Gula yang tinggi tidak baik untuk menjaga otak berfungsi dengan optimal. Malah sangat baik untuk memakan makanan yang mengandung garam. Cobalah untuk beralih dari yang manis dengan makanan yang mengandung garam.

7. Kurangi membuka sosial media setiap harinya agar fokusmu tidak terhenti seketika

membuka-sosial-media

Otak akan selalu menyesuaikan informasi yang masuk. Jika Anda sering menggunakan fungsi otak untuk beralih fokus dari satu ke yang lainnya dengan cepat, hal itu akan menghentikan fokus pada hal-hal yang sangat urgensi.

8. Segera men-switch kebiasaan menonton televisi dengan permainan ringan seperti video game.

main-video-game

menonton TV merupakan kegiatan pasif, Otakmu akan mengkonsumsi informasi tetapi tidak memproses atau berinteraksi dengan itu. Mengganti kegiatan menonton ini dengan sebuah game.

Sebuah studi 2014 menunjukkan, game ringan seperti Super Mario mempunyai dampak yang terlihat pada fleksibilitas otak. Mulai sekarang ganti kebiasaan pasif tersebut dengan kebiasaan yang membuat otak selalu aktif.

9. Membaca buku juga lebih baik dari sekedar menonton televisi

pria-membaca-buku

Mirip dengan bermain Super Mario, membaca buku merupakan latihan aktif untuk otak. Di mana membaca buku memerlukan otak Anda untuk secara aktif mengolah citra mental dari apa yang Anda baca.

10. Pelajari beberapa bahasa pemrograman yang Anda ingin sekali mempelajarinya

belajar-programming

Pemrograman merupakan cara bagus untuk belajar berpikir logis. Belajar coding dari nol memanglah hal yang tidak gampang untuk dilakukan, tetapi dengan website gratis yang menyediakan sarana untuk belajar pemrograman seperti Codeacademy.com membuatnya mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa pemrograman.

Sebagai keuntungan mengisi waktu luang, Anda mendapatkan tambahan belajar programming dan meningkatkan skill otak Anda.

 

11. Sembari memasak di dapur, cobalah dengan tetap mendengarkan radio atau video inspiratif agar tidak ketinggalan informasi yang ada.

memasak sambil mendengarkan video

Daripada hanya menyibukkan diri ketika di dapur dengan, mendengarkan video inspiratif ataupun berita akan mengejar wawasan Anda dengan perkembangan di bidang teknologi, pendidikan, bisnis dan lainnya. Selalu berlangganan channel inspiratif youtube atau website seperti TED.com akan memudahkan mendapatkan informasi yang terupdate.

12. Manfaatkan waktu istirahat Anda dengan sedikit olahraga sederhana.

olahraga-ringan-dikantor

Tubuh dan pikiran selalu terhubung kuat. Kebugaran fisik membantu fungsi otak dengan baik. Anda tidak harus melakukannya dengan olahraga berat, tetapi dengan melakukan push-up 20x sehari, shit-up 20x sehari atau squad-jump 20x sudah cukup memenuhi kebugaran setiap harinya. Cobalah untuk melakukannya setiap hari bangun tidur, istirahat siang, hingga akan pulang kerja.

13. View jalan di mall memang bagus, tetapi di taman lebih indah dan bermanfaat bagi produktifitas

jalan di taman

Manfaat ketika Anda sudah memilih pergi jalan-jalan di taman :

1. Lebih banyak tanaman hijau disekitar Anda dan banyak pula oksigen yang dihasilkan

2. Pikiran Anda akan menjadi lebih rileks ketika melihat tanaman-tanaman yang indah

3. Berjalan akan membantu sirkulasi darah yang baik

Jadi mulailah menggunakan waktu istirahat Anda dengan jalan-jalan di Taman. Mampu meningkatkan semangat dan kecerdasan otak.

 

14. Selalu membawa buku catatan untuk menangkap ide yang hinggap tiba-tiba

membawa-buku-catatan

Tokoh seperti Leonardo Da Vinci selalu membawa buku catatan. Ia menggunakannya untuk menuliskan ide-ide, sketsa dan pertanyaan yang membangun.

Mempunyai buku catatan kecil akan membantu melatih otak selalu berfikir logis hingga menjaring ide-ide yang seketika datang pada kita.

15. Ambil 10 menit pada akhir hari Anda untuk merencanakan kegiatan besoknya

to-do-list

Selalu merencanakan untuk kegiatan besok akan memudahkan Anda dalam memanajemen kegiatan Anda. Juga memungkinkan Anda untuk mampu bekerja menjadi lebih produktif.Banyak orang sibuk sepanjang hari, tetapi tidak benar-benar produktif.

 

Sebagian besar arti dari menjadi pintar adalah mengetahui bahwa kerja keras lebih rendah daripada kerja cerdas. Mulai sekarang gunakan waktu Anda sebaik mungkin untuk bekerja dengan cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *