Meningkatkan Motivasi Bisnis

Meningkatkan Motivasi Bisnis

Apakah kesalahan paling mendasar yang bisa menyebabkan gagalnya sebuah bisnis? Jawabannya adalah motivasi bisnis yang dimiliki seseorang. Bandingkanlah seseorang yang bermotivasi tinggi dengan mereka yang kurang motivasi. Jika seseorang memiliki motivasi yang tinggi, maka ia akan menghasilkan tingkat produksi yang tinggi. Ia juga tidak akan mudah berhenti ketika menghadapi masalah, dan malah berusaha untuk menyelesaikannya. Sebaliknya orang yang memiliki motivasi rendah maka tidak akan produktif dan juga tidak berusaha menyelesaikan masalah dan lebih suka menyerah pada masalah yang dihadapinya. Motivasi bisnis harus dimiliki oleh pemilik dan juga para pekerjanya. Semua elemen ini harus saling bahu-membahu jika menginginkan kesuksesan. Jika salah satu saja tidak memiliki motivasi bisnis yang tinggi maka keberhasilan usaha tidaklah dapat dipastikan.

Jika anda seorang pengusaha, sebagai pimpinan dan juga pemilik sebuah usaha, maka anda harus dapat melakukan berbagai hal untuk dapat meningkatkan dan menjaga motivasi karyawan anda agar bisa memberikan hasil kerja yang maksimal. Paling tidak ada dua cara yang dapat dilakukannya:

1.  Berilah tujuan yang jelas dan juga fasilitas untuk berkembang

Ketika karyawan masuk ke perusahaan anda, anda harus dapat memberikan arahan yang jelas dengan memberikan peraturan, tujuan dan pengetahuan mengenai perusahaan. Jika mereka tidak diberikan landasan ini, mereka tidak akan tahu bagaimana sebaiknya untuk bersikap dan juga bertindak. Bisa-bisa, mereka malah salah melangkah padahal mereka tidak bermaksud untuk melanggar peraturan yang ada. Namun demikian, akanlah sangat adil bagi karyawan jika mereka diberikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka untuk dapat maju. Misalnya, karyawan kantor haruslah diberikan fasilitas yang sesuai dengan teknologi saat ini. Beberapa fasilitas yang dibutuhkan di kantor adalah komputer, internet dan juga jaringan telepon. Bayangkan saja jika karyawan bagian pemasaran dituntut untuk memenuhi tujuan perusahaan dalam menjual sekian jumlah produk lewat internet, namun karyawan tersebut tidak diberikan fasilitas komputer dan internet. Pastinya ia tidak akan dapat memenuhi target dengan baik. Untuk contoh aplikasi terbaiknya, marilah kita mengintip kantor Google. Karyawan-karyawannya dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti contohnya kolam renang, pusat kebugaran, dsb. Dengan begitu, karyawannya dapat menggunakan berbagai fasilitas ini untuk menjaga kesehatan. Investasi dari perusahaan tersebut pastinya tidaklah sia-sia karena jika karyawan lebih sehat, maka produktifitasnya juga akan meningkat.

2.  Berikan penghargaan atas kontribusi dan prestasi karyawan

Semua orang membutuhkan penghargaan, baik dalam bentuk ucapan, ataupun materi. Ini amat penting untuk meningkatkan dan menjaga motivasi bisnis para karyawan. Hampir semua perusahaan menjanjikan bonus sebagai upah dari pencapaian target. Ini membuat semua karyawan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai tujuan yang sama dengan perusahaan tempat mereka bekerja(*)