Etika Bisnis – Etika Dalam Berbisnis

Etika Bisnis – Etika Dalam Berbisnis

Salah satu aspek yang esensial dan perlu mendapat perhatian dalam dunia bisnis adalah etika bisnis. Etika bisnis dapat menjamin kepercayaan dan loyalitas dari semua unsur yang berpengaruh pada perusahaan, juga menentukan maju mundurnya perusahaan.

Etika bisnis adalah perilaku moral yang harus ditumbuhkan, dipelajari dan  diaplikasikan oleh tim dalam perusahaan agar tujuan bisa dicapai.  Ada beberapa poin mengenai etika bisnis yang tumbuh dalam perusahaan:

1.  Kejujuran

Kejujuran adalah modal utama dan yang penting agar dapat jadi panutan dan teladan baik pada rekan kerja, konsumen, dan masyarakat. Bentuk kejujuran dalam bisnis meliputi sungguh-sungguh, terus-terang, tidak curang, tidak menggelapkan dan tidak berbohong dalam menjalankan bisnis.

2. Kepercayaan

Dalam berbisnis, nilai kepercayaan membuat perusahaan menjadi semakin bernilai di lingkup area bisnis. Menumbuhkan kejujuran dan kepercayaan adalah tidak mudah karena terkadang orang rela mengorbankan kejujuran untuk menggapai keinginannya.

3. Integritas

Integritas harus dibangun karena terkait dengan nama baik dan nyawa perusahaan. Memegang prinsip, tulus, berani, berpendirian, tidak bermuka dua, baik hati dan dapat dipercaya adalah wujud integritas pelaku bisnis.

4. Memelihara janji

Menepati janji dan melaksanakan komitmen merupakan bagian dari akhlak mulia sebagaiai prinsip berbisnis.

5. Kesetiaan

Dengan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, tim, konsumen, relasi dan lingkungan perusahaan akan menjaga dan menghindari konflik kepentingan.

6. Kewajaran atau keadilan

Bersikap terhadap setiap individu dalam perusahaan harus adil untuk mengindarkan dari sikap negatif pihak yang lain.

7. Suka membantu orang lain

Saling membantu, berbaik hati, belas kasihan, tolong menolong, kebersamaan, akan membangun rasa saling memiliki setiap pihak dalam bisnis.

8. Bertanggung jawab

Memiliki dan menerima tanggung jawab atas keputusan dan konsekuensi dari kebijakan perusahaan.

9. Patuh hukum.

Warga negara yang bertanggung jawab harus mentaati hukum atau aturan, norma, dan menghormati proses demokrasi dalam mengambil keputusan. Etika bisnis yang melekat jadikan pimpinan sebagai panutan, mampu menginspirasi para pegawai dan membangun budaya unggul demi suksesnya bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *