Cara Memotivasi Karyawan

Cara Memotivasi Karyawan

Cara Memotivasi Karyawan

Sebagai seorang pemimpin yang memiliki karyawan, memotivasi karyawan adalah tugas yang sangat penting yang harus bisa dilakukan oleh seorang pemimpin. Karena jika kita berhasil memotivasi karyawan, maka kinerja mereka akan bagus dan perusahaan bisa terus berkembang dengan baik. Apakah anda pernah membayangkan apa yang akan terjadi pada sebuah perusahaan jika karyawannya tidak pernah dimotivasi? Saya yakin perusahaan tersebut akan mengalami berbagai macam masalah. Masalah-masalah yang bisa timbul diantaranya yakni karyawan merasa sangat tertekan, karyawan menjadi tidak betah bekerja di perusahaan tersebut, kinerja karyawan buruk, dan sebagainya. Untuk itu, sebagai seorang pemimpin kita harus mengetahui cara memotivasi karyawan sehingga mereka bisa bekerja sesuai dengan yang kita harapkan untuk kemajuan perusahaan dan kesejahteraan kita bersama. Jika kita mau memperhatikan, sebenarnya tidaklah sulit memotivasi karyawan agar bisa bekerja dengan baik karena ada banyak sekali cara yang bisa kita pergunakan. Kita bisa menggunakan pendekatan emosional sebagai salah satu cara memotivasi karyawan. Kedekatan emosional antara pemimpin dan karyawn ini sangat penting terutama di saat karyawan mengalami masalah dengan pekerjaannya. Kita sebagai atasan sebaiknya tidak justru memojokan mereka dengan memarahi atau memberikan hukuman, karena itu akan membuat mereka tertekan dan bahkan bekerja dengan lebih buruk. Lalu bagaimanakah cara memotivasi karyawan dengan langkah yang tepat?

Cara Memotivasi Karyawan Dengan Pendekatan Emosional

Untuk memotivasi karyawan dengan pendekatan emosional, seorang pemimpin harus tahu betul karakter karyawan-karyawannya. Ada tipe karyawan yang bisa bekerja dengan lebih baik ketika berada di bawah tekanan, dan ada juga tipe karyawan yang justru akan bekerja lebih buruk jika berada di bawah tekanan. Jika kita memiliki karyawan-karyawan yang bisa bekerja dengan lebih baik di bawah tekanan, maka kita harus memberikan kepada mereka tantangan berupa target-target tertentu untuk memotivasi mereka. Namun jika kita menghadapi tipe karyawan yang sebaliknya, kita sebaiknya tidak membebani mereka dengan target-target ekstra yang akan bisa membuat mereka bekerja dengan lebih buruk. Tipe karyawan seperti ini menyukai dukungan dan low ekspektasi dari orang lain. Dan pada umumnya, mereka terpacu untuk memberikan kejutan ketika mereka ternyata berhasil bekerja melampaui target yang diharapkan.

Hal Penting Dalam Memotivasi Karyawan

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memotivasi karyawan. Kita bisa memberikan motivasi dengan sebuah pidato yang hebat, namun penting bagi kita untuk menyampaikan isi yang sesuai dengan kenyataan dan kemampuan kita sehingga pidato tersebut akan benar-benar bisa membakar semangat para karyawan untuk bekerja dengan lebih baik. Kemudian hal penting berikutnya yaitu jangan lupa memberikan penghargaan bagi para karyawan yang telah bekerja dengan baik sehingga semua karyawan akan termotivasi untuk selalu bekerja dengan baik. Berikutnya ketika kita memberikan motivasi, kita juga harus mulai dari diri kita sendiri. Sehingga kita akan menjadi contoh nyata yang akan mereka ikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *