Bagaimanakah Cara Menjadi Pemimpin yang Baik?

Bagaimanakah Cara Menjadi Pemimpin yang Baik?

Apakah anda bercita-cita menjadi seorang pemimpin? Saya yakin bahwa ada sebagian orang diantara para pembaca yang akan menjawab “ya”, dan sebagian lagi yang akan menjawab “tidak” untuk pertanyaan tersebut. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya kita semua adalah seorang pemimpin? Ya, pemimpin tidak hanya mereka yang berkuasa memegang jabatan penting seperti presiden, gubernur, direktur, dan sebagainya. Kita semua sebenarnya telah dibebani tanggung jawab kepemimpinan karena telah menjadi seorang pemimpin, setidaknya bagi diri kita sendiri. Untuk itu, kita semua perlu mempelajari cara menjadi pemimpin yang baik. Jika kita saat ini hanya memimpin diri kita sendiri, apakah kita tetap perlu mempelajari bagaimana untuk menjadi pemimpin yang baik? Kalau kita menginginkan keberhasilan di dalam hidup kita, maka jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah “iya”.  Apakah berbeda antara cara menjadi seorang pemimpin dengan cara menjadi pemimpin yang baik? Menjadi seorang pemimpin, berarti kita menjalankan tanggung jawab kita memimpin apa yang kita pimpin, namun untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, itu saja tidak cukup. Pemimpin yang baik harus mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan cara-cara yang baik dan harus mampu mengatasi segala macam masalah yang dihadapi sehingga tujuan dari kepemimpinannya benar-benar tercapai. Itulah yang membedakannya. Lalu, bagaimanakah cara menjadi pemimpin yang baik?

Pedoman Kepemimpinan yang Baik

Setidaknya, ada dua pedoman dasar yang bisa kita ingat dan terapkan dalam kegiatan sehari-hari agar kita bisa menjadi seorang pemimpin yang baik untuk apapun yang kita pimpin. Yang pertama yaitu ketahanan mental. Sebagai seorang pemimpin yang baik, kita harus memiliki ketahanan mental yang bagus. Ini akan sangat berguna ketika kepemimpinan kita sedang diterpa hantaman cobaan, sehingga kita tidak akan mudah putus asa. Kemudian yang kedua yaitu membuang jauh keragu-raguan. Seorang pemimpin yang baik harus mampu membuat keputusan yang tegas dan baik bagi apa yang dipimpinnya. Untuk itu, dia harus tahu betul batas-batas antara nilai kebaikan dan yang buruk sehingga dia tidak lagi ragu-ragu untuk “iya”  pada keputusan yang baik dan “tidak” pada keputusan yang buruk bagi apa yang dipimpinnya.

Sifat-Sifat Pemimpin yang Baik

Jika kita ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, maka ada beberapa sifat yang harus kita tanamkan dan miliki pada diri kita. Yang pertama adalah sifat berani. Jika anda ingin baik dalam memimpin, maka anda harus memiliki keberanian. Keberanian yang dimaksud yaitu berani memegang teguh pendirian yang didasarkan pada nilai-nilai kebikan. Kemudian yang berikutnya adalah sifat bijaksana. Jika anda bijaksana, maka anda bisa menghindari terjadinya konflik di tubuh apa yang anda pimpin. Lalu sifat yang berikutnya yang harus dimiliki adalah sifat pengasih. Jika kita memiliki sifat pengasih, maka kita akan dicintai oleh siapapun yang kita pimpin sehingga kebijakan kebijakan kita akan mendapatkan dukungan penuh(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *