10 KARAKTER ENTREPRENEUR

10 KARAKTER ENTREPRENEUR

Tidak semua pengusaha adalah entrepreneur dan tidak semua entrepreneur meempunyai  kualitas       yang sama.

Ada  10 karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur:

 

1.      Percaya Diri

Percaya diri adalah ciri khas seorang entrepreneur. Ini adalah modal pertama yang harus di miliki. Kita tidak dilahirkan dengan tingkat percaya diri yang sama, namun bukan berarti  tidak mampu. Percaya diri muncul karena tindakan dan pengambilan keputusan yang berani saat mereka dalam keraguan. Justru disaat ragu lebih banyak memutuskan Yes dari pada No.

2.       Memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi

Seorang entrepeneur harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sepenuh hati, selalu  bertindak , memberi perhatian penuh terhadap proses dan  melihat solusi dari setiap masalah, bukan menyalahkan keadaan atau anak buah betapapun sulit keadaan itu serta memiliki rasa bangga ketika mencari solusi, selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

3.      Berkomunikasi

Seorang entrepreneur harus sadar  bahwa faktor manusia sangat penting bagi kesuksesan bisnis. Komunikasi  menjadi kunci kesuksesan dalam menciptakan hubungan yang harmonis dengan karyawan dan  business partner. Seorang entrepreneur harus  berpikiran terbuka  mempelajari cara berkomunikasi efektif, baik secara tulisan maupun lisan, mau mendengar dan menjaga integritas.

4.       Sangat Terbuka Untuk Belajar Hal Baru

Enterpreneurs adalah pembelajar sejati, sangat terbuka dengan semua hal yang berhubungan dengan ilmu baru yaitu  penuh semangat mencari informasi, bertanya, dan membaca buku serta  tidak memiliki arogansi, ego dan dibutakan dengan melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Seorang entrepeneur selalu menganjurkan karyawan untuk terus belajar.

5.      Team Player

Entrepreneur adalah pemain team yang penuh komitmen. Seorang entrepeneur  juga menciptakan leverage, daya ungkit dari teamwork untuk menyelesaikan persoalan bisnis yang rumit dan berat. Tidak ada entrepreneur yang sukses tanpa dukungan team sukses.

6.      System-Oriented

Seorang entrepreneur sangat mengandalkan system dan  berupaya menyelesaikan masalah dengan system sebelum mencari penyelesaian manusia. Seorang entrepeneur percaya bahwa bisnis yang sukses bukan karena mengandalkan manusianya tapi systemlah yang bekerja. Untuk itu entrepreneur membuat sebuah blueprint, peta dan kompas agar saat terjadi sesuatu ada alat yang bisa memandu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

7.      Dedikasi Tinggi

Seorang entrepreneur mendedikasikan dirinya untuk mencapai rencana-rencananya, visinya, dan mimpi-mimpinya yang merupakan tujuan hidup. Salah satu alasan mengapa sebuah perusahaan gagal adalah karena bisnis tersebut kehilangan fokus.

8.       Grateful

Entrepreneur adalah orang-orang yang penuh rasa syukur karena hanya orang yang menghargai pemberian akan lebih banyak diberi. Tidak hanya bersyukur menerima kebaikan, namun juga bersyukur karena mendapat pembelajaran dari kesalahan dan tidak menganggap remeh apapun. Entrepreneur sejati menyadari bahwa ‘kaya’ tidak semata-mata diukur  oleh uang dan kemewahan, ‘kekayaan’ diukur oleh kepuasan hati, kenikmatan memberi, berkontribusi dan pencapaian prestasi.

9.      Optimistic

Entrepreneur  sangat optimis, tidak menjadikan kegagalan masa lalu menjadi hambatan untuk maju. Mengambil  hikmah dari kegagalan dan ciptakan momentum baru, menambah keyakinan, iman, dan pengharapan bahwa dunia akan menjadi lebih baik.

10.  Fun

Semangat tinggi. 80% kegagalan dibisnis disebabkan oleh manusia, untuk itu entrepreneur sangat menghargai hubungan antar manusia, mudah didekati, suka bersosialisasi serta semangatnya menular kepada team, pelanggan, teman, suplier. Entrepreneur yang memiliki keseimbangan antara kerja keras dengan fun adalah orang yang lebih berpotensi memiliki karir dan kesuksesan lebih tinggi lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *