Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Suatu usaha yang sukses membutuhkan produksi atau jasa yang berkualitas, pemasaran yang handal serta cara mengatur keuangan yang profesional. Tanpa adanya pengaturan terhadap keuangan, maka suatu perusahaan mungkin tidak akan dapat berkembang padahal memiliki potensi yang tinggi. Kepiawaian dalam mengatur keuangan sebuah perusahaan berwaral dari kemampuan untuk mengatur keuangan diri sendiri. Tidak ada rumus pasti mengenai bagaimana cara mengatur keuangan yang paling baik, namun demikian, paling tidak anda dapat mengikuti berbagai tips berikut ini untuk memperbaiki keuangan pribadi anda dan melatih diri untuk dapat mengelola keuangan sebuah usaha.

Tips pertama adalah mengurangi kekerapan waktu hang out. Memang ini merupakan salah satu kegiatan yang amat menyenangkan bagi mereka yang masih muda dan belum berkeluarga. Namun tanpa kita sadari, saat kita sedang hang out ini, banyak sekali uang yang kita habiskan. Misalkan saja anda bersama beberapa teman memutuskan untuk menonton film di bioskop dan makan siang di sebuah pusat pertokoan. Tanpa anda sadari, anda sudah membeli berbagai barang yang mungkin tidak terlalu anda butuhkan hanya karena teman-teman anda mendorong anda untuk membelinya. Belum lagi uang yang anda keluarkan untuk membayar makan siang yang pastinya melebihi rata-rata uang makan biasanya. Masih ditambah lagi uang yang harus anda pergunakan untuk membeli tiket dan juga untuk camilan ketika anda sedang menontoh film. Pastinya kegiatan yang satu ini telah menghabiskan beratus-ratus ribu begitu saja. Memang jika anda melakukan aktifitas seperti ini paling tidak satu bulan sekali atau dua minggu sekali, maka anda masih punya cukup uang untuk ditabung. Namun jika ini sudah menjadi ritual mingguan anda, maka bayangkan saja berapa juta yang anda habiskan hanya untuk kegiatan yang tidak terlalu menghasilkan ini.

Tips kedua dari cara mengatur keuangan adalah memotong berbagai kebutuhan yang dirasa tidak terlalu penting. Kumpulkan tagihan bulanan anda dan pastikan bahwa anda membayarnya tepat waktu. Ketika sedang melakukan ini, pastikan juga bahwa semua pengeluarkan anda adalah yang memang ana butuhkan . Jika anda jarang berada di rumah, maka sebaiknya anda tidak perlu memasang koneksi internet wi fi hanya karena teman-teman anda menggunakannya. Alih-alih, gunakan saja modem dengan pulsa yang hanya perlu diisi ketika quotanya habis. Jika penggunaan anda tidak terlalu banyak, maka untuk apa menggunakan sesuatu yang berlebihan? Selain itu, pastikan anda selalu menyetorkan sejumlah uang untuk menjadi tabungan anda. Jumlah uang yang perlu disisihkan tidaklah sama dari satu orang ke orang yang lainnya, namun demikian, anda seharusnya memiliki suatu standarisasi tertentu. Jika gaji anda dua juta rupiah dan anda belum memiliki keluarga, maka pastikan bahwa anda tidak menabung kurang dari empat ratus ribu, contohnya(*)

 

cara mengatur keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *