Menjadikan Hobi Sebagai Profesi, Kenapa Tidak?

Menjadikan Hobi Sebagai Profesi, Kenapa Tidak?

Menjadikan Hobi Sebagai Profesi, Kenapa Tidak?

Apakah Anda sudah cukup familiar dengan pepatah ini? “Pekerjaan yang terbaik di dunia adalah hobi yang dibayar.” Setuju atau tidak, tapi pepatah itu ada benarnya ketika sudah dijalani sendiri. Meskipun begitu, ketika seseorang menjalani hobi, ia sering berhadapan dengan risiko untuk dipandang sebelah mata.

Bahkan, hobi yang mahal pun, masih sering dianggap remeh ketika belum menghasilkan pendapatan seperti layaknya orang yang bekerja pada umumnya. Berikut ini adalah contoh hobi yang bisa memberi penghasilan.

1.Gamer

Menjadi seorang gamer profesional memang masih terlihat aneh dalam pandangan masyarakat kita. Kalau Anda pernah menonton film Thailand The Billionaire, khususnya di beberapa scene awal, kira-kira seperti itulah pandangan masyarakat pada seseorang yang menghasilkan income dari game.

Bagaimanapun, tiap orang punya minat masing-masing, termasuk dunia game ini. Untuk lebih realistis lagi, passion di dunia game bisa dilakukan dengan menjadi pengembang (developer) aplikasi game. Anda mungkin sudah tahu kalau setiap aplikasi game yang diunduh, maka seseorang di luar sana mendapat income. Seorang profesional tentunya tidak hanya menjalankan sesuatu karena kesenangan semata.

2.Youtuber

Profesi Youtuber makin diminati beberapa tahun belakangan. Selain sebagai media untuk menyalurkan kreativitas, video youtube juga bisa jadi sumber pendapatan. Pekerjaan youtuber memang setiap hari merekam video lalu mengeditnya sebelum diunggah. Mereka mendapat penghasilan berdasarkan banyaknya penonton yang menyaksikan. Hobi ini termasuk gampang-gampang susah, karena menuntut kreativitas dan ketekunan seperti bidang lainnya.

3.Penulis dan Penerjemah Lepas

Pada awalnya, banyak orang yang menulis karena memang ingin mengungkapkan isi hati. Menulis juga bisa menjadi sarana terapi diri. Tapi, ketika hobi menulis ditekuni, ini bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Kalau Anda mempunyai keahlian menulis, maka Anda bisa jalankan pekerjaan penulis lepas.

Jasa penulis banyak dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari bisnis online, biro iklan, pemerintahan, forum-forum di internet, dan tentu saja penerbitan. Ketika Anda juga andal berbahasa asing, Anda juga bisa menerima order jasa penerjemahan.

4.Traveller

Tidak dipungkiri, menjadi traveller adalah salah satu pekerjaan paling menyenangkan di dunia. Ketika seorang yang hobi traveling juga punya minat pada fotografi atau penulisan, maka mereka bisa jadi travel writer. Meskipun begitu, profesi ini masih sering dianggap sebagai pengangguran, karena pekerjaan mereka jalan-jalan dari kota ke kota, seolah-olah tidak ada pekerjaan. Padahal ada sponsor yang membayar seorang traveller dengan menjadi penulis, fotografer atau reporter sambil berkelana.

Menjadikan Hobi Sebagai Profesi

Nah, apakah hobi Anda sudah menjadi profesi yang menjanjikan?

Apapun profesi Anda, jika Anda ingin tahu bagaimana mengelola keuangan agar mecukupi kebutuhan dan membangun usaha sampingan yang menjanjikan, maka alangkah baiknya kalau Anda mengikuti TFCC yang diadakan setiap tahunnya oleh iBiz COACH.