Mengenal Psikologi Pelanggan

Mengenal Psikologi Pelanggan

Mengenal Psikologi Pelanggan

Pelatihan Bisnis : Mengenal Psikologi Pelanggan.

Begitu banyak pelanggan yang membeli produk Anda, namun bagaimana agar Anda bisa menjaga hubungan baik kepada mereka? Salah satunya adalah Anda harus  mengenal berbagai macam karakteristik pelanggan Anda.

Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Pelanggan yang pendiam.

Ini adalah tipe pelanggan pasif yang tidak banyak bicara, Anda harus memulai bicara terlebih dahulu. Jika Anda berhadapan dengan pelanggan yang satu ini karena sifatnya yang introvert maka pada umumnya pelanggan jenis ini merasa malu dan sedikit sungkan kepada Anda untuk bertanya suatu  hal.

  1. Pelanggan yang tidak sabar.

Sangat banyak sekali kita menemui pelanggan dengan jenis yang seperti ini, pelanggan jenis ini adalah pelanggan yang terkesan ingin dilayani segera dan terkadang tidak memperdulikan situasi, sehingga Anda harus lebih sabar menangani pelanggan jenis ini. Berikan kata-kata yang sekiranya menyejukkan mereka.

Contohnya “baik pak, permintaan bapak akan segera diproses sembari menunggu beberapa pelanggan lagi dari kami dan lain-lain”. Jangan sampai Anda terpancing emosi dengan pelanggan jenis ini, karena memang karakter mereka yang tidak sabar.

  1. Pelanggan yang banyak bicara.

Pelanggan jenis ini adalah jenis orang yang cerewet atau menanyakan sesuatu secara detail dari A-Z terkadang Anda akan dibuat bosan oleh pelanggan ini, tetapi mereka itu adalah tipe orang yang teliti, jadi wajar saja mereka seperti itu.

Oleh karena itu, jika Anda telah mengenal pelanggan jenis ini, agar mereka tidak banyak tanya maka Anda harus menjelaskan detail barang sedetail-detailnya kepada mereka.

  1. Pelanggan yang senang mendebat/ berdebat.

Terkadang kita juga sering menemui pelanggan yang suka berdebat dengan kita, entah itu karena pelayanan kita yang kurang memuaskan atau yang lainnya, lalu bagaimana untuk menghadapi jenis pelanggan ini maka Anda harus sabar dan tidak emosi.

Mengenal Psikologi Pelanggan

Terkadang mereka sering memancing emosi Anda dengan memperdebatkan sesuatu hal yang terkadang tidak terlalu penting, misalnya kemasannya kurang menarik dan lain-lain.

Memang agak sulit untuk memahami karakteristik pelanggan Anda, namun itu adalah suatu tantangan yang harus Anda pecahkan.

Jika Anda ingin tahu bagaimana memanage pelanggan Anda maka Anda wajib mengikuti webinar kami https://app.webinarjam.net/register/31183/8504fcb139