Mengapa Harus Fokus pada Satu bidang Usaha?

Mengapa Harus Fokus pada Satu bidang Usaha?

Mengapa Harus Fokus pada Satu bidang Usaha?

Melirik peluang untuk memulai usaha lain adalah hal yang sering dilakukan pengusaha untuk meningkatkan omset usaha. Tapi, sebelum berpikir untuk memulai usaha lain, alangkah baiknya fokus dulu pada bisnis yang dijalani lebih awal.

Artinya, memilih untuk memulai usaha lain dapat dilakukan selama bisnis utama yang ditekuni telah berjalan dengan stabil. Namun tindakan itu bukan tanpa risiko, karena  bisnis utama bisa gagal karena kurangnya fokus dan perhatian setelah memulai bisnis baru.

Bahkan sangat mungkin terjadi risiko gagal di dua bidang bisnis yang dijalankan hanya karena seorang pengusaha tersebut tidak bisa fokus. Mengapa seorang pengusaha harus fokus pada satu bidang usaha?

Pertama, ada lebih banyak ide yang bisa digali dan dieksekusi jika fokus pada satu bidang bisnis. Hal ini penting agar usaha yang dikelola tetap kompetitif di tengah tekanan dari kompetitor. Dengan fokus pada salah satu bidang usaha, maka peluang untuk meningkatkan nilai lebih dari bisnis yang ditekuni juga akan semakin besar.

Salah satu alasan sederhananya adalah kebutuhan tambahan modal untuk meningkatkan nilai usaha tidak akan terganggu oleh usaha–usaha yang lain jika seorang pengusaha hanya fokus dalam bisnis di satu bidang saja.

Kedua, lebih banyak kesempatan untuk menemukan ide dan terobosan baru. Selain itu juga dapat lebih banyak berkomunikasi dengan konsumen sehingga dapat membuka peluang yang dapat meningkatkan nilai dari bisnis yang dijalankan dari perspektif konsumen. Dengan cara ini, maka persaingan harga dengan kompetitor lain dapat dihindari karena kemampuan perusahaan menawarkan nilai lebih bagi konsumen tanpa harus menawarkan harga lebih murah agar tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain di bidang yang sama.

Ketiga, membuat seorang pelaku usaha lebih fokus dalam mengatur waktu. Waktu juga sangat berharga karena keuntungan bisa jadi gagal diperoleh karena kegagalan mengatur waktu. Menekuni beberapa bisnis sekaligus akan membuat seorang pelaku bisnis lebih sulit dalam mengatur waktu.

Mengapa Harus Fokus pada Satu bidang Usaha

Dibutuhkan fokus dalam bisnis untuk membangun reputasi dan menjalankan usaha. Jika waktu yang dimiliki seorang pengusaha harus banyak dibagi–bagi antara satu usaha dengan usaha yang lain maka apapun yang dikerjakan dapat menjadi tidak sempurna dan hanya setengah–setengah karena kekurangan waktu.

Bagi Anda yang ingin lebih mendalami aspek bisnis, bisa kunjungi website kami untuk membaca artikel lainnya. Kami juga rutin mengadakan pelatihan dan workshop yang bermanfaat untuk perkembangan usaha Anda.

Salah satu fasilitas pelatihan kami adalah 1 on 1 coaching. Info lebih jauh hubungi no whatsapp 0811-265-2244.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *