Bagaimana Menjadi Penjual yang Baik?

Bagaimana Menjadi Penjual yang Baik?

Bagaimana Menjadi Penjual yang Baik?

Bagaimana Menjadi Penjual yang Baik ? Di balik pelanggan yang loyal, pastilah di sana ada penjual yang baik. Setiap pebisnis tentu ingin menjadi penjual yang baik. Sebenarnya tidak ada ukuran spesifik tentang bagaimana menjadi penjual yang baik, karena setiap pebisnis punya karakter sendiri.

Bagaimana cara menjual itu juga tergantung produk yang dijual. Tapi, secara garis besar untuk menjadi penjual yang baik perlu memahami hal-hal berikut:

Menguasai Betul Apa yang Dijual

Pelajarilah product knowledge; ciri khas produk Anda, berapa harga atau biayanya, apa kekuatannya, apa manfaat utamanya, termasuk apa kelemahannya. Tentunya akan lebih berhasil menjual kalau Anda mengetahui benar-benar apa yang Anda sampaikan. Bagaimana mungkin mau menawakan produk ke orang lain kalau diri sendiri belum mengenal?

Kemampuan untuk Berempati

Empati artinya kemampuan menghadapi perasaan dan pikiran orang lain. Apa hubungan antara berjualan dan empati? Kemampuan penting yang dibutuhkan seorang penjual adalah untuk memposisikan diri sebagai orang lain ketika menjual produk baik barang atau jasa.

Mampu Berkomunikasi dengan Efektif

Setelah menguasai produk dengan baik, itulah saatnya proses mengenalkan produk ke orang-orang yang menjadi target. Perlu diketahui bahwa orang-orang pada umumnya tidak senang disuruh-suruh membeli, karena itu sebelum melakukan penjualan, bisa memberikan info-info sebagai edukasi kepada mereka. Keramahan dalam berkomunikasi dengan orang lain sangat penting. Satu hal yang perlu diingat adalah tidak perlu memaksa dalam menjual sesuatu, sebagaimana Anda juga kurang suka kalau dipaksa membeli oleh orang lain.

Pisahkan Urusan Bisnis dan Pribadi

Ini berlaku khususnya bagi para penjual online. Kalau Anda ingin mempromosikan produk dengan akun media sosial, sebaiknya pisahkan akun bisnis Anda dengan akun personal. Alangkah baiknya kalau akun untuk bisnis online terlihat profesional dan memposting konten-konten yang relevan dengan yang dijual ke konsumen.

Bagaimana Menjadi Penjual yang Baik

Bantulah Calon Konsumen Anda untuk Mengambil Keputusan

saat akan membeli sesuatu biasanya ada orang yang masih ragu-ragu. Karena itu, yakinkanlah mereka bahwa tawaran Anda itu tepat baginya. Kalau perlu buatkan perbandingan dengan produk sejenis. Setiap calon pembeli mengutarakan pertanyaan hendaknya Anda siap dengan jawabannya. Begitu juga ketika mereka keberatan, beri pendapat yang masuk akal buat mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *