5 Kesalahan yang Dilakukan Pebisnis Pemula

5 Kesalahan yang Dilakukan Pebisnis Pemula

5 Kesalahan yang Dilakukan Pebisnis Pemula

Kesalahan yang Dilakukan Pebisnis Pemula. Sebagian besar orang yang baru mulai berbisnis akan bertanya tentang dari mana mendapatkan modal yang cukup atau bagaimana cara mengalokasikan uang modal usaha yang kecil. Pada intinya, masalah modal masih sering jadi kendala para pebisnis pemula.

Berikut ini adalah kesalahan yang dilakukan pebisnis pemula :

1. Catatan Pembukuan yang Kurang Terperinci

Banyak pebisnis pemula yang tidak begitu suka dengan kegiatan ini, padahal hal itu tidak bisa dihindari. Orang-orang tertentu memilih untuk minta tolong pada orang lain yang lebih ahli untuk melakukannya, yang tentu saja tidak gratis. Sebisa mungkin ketika Anda menjalankan bisnis, buat catatan yang detail.

Bahkan, pengeluaran paling kecil pun harus ikut dicatat. Dari sanalah Anda bisa melihat mana pengeluaran yang terbesar agar bisa dihemat ke depannya. Pastikan Anda juga mengetahui berapa target keuntungan yang Anda tentukan.

2.Rekening untuk Bisnis Tergabung dengan Rekening Pribadi

Boleh saja Anda memiliki lebih dari satu rekening pribadi. Tapi, menggabung hasil usaha Anda dengan rekening pribadi sebenarnya bukan hal yang bijak. Apalagi kalau saat ini usaha Anda masih baru saja dibangun. Buat satu rekening khusus untuk kepentingan bisnis Anda. Dengan rekening yang terpisah antara rekening pribadi dan bisnis, tentu akan lebih mudah mengelola dan lebih profesional.

3.Arus Keuangan (cashflow) yang Tidak Dipantau

Makin lancar arus keuangan Anda, maka semua kewajiban perusahaan akan terpenuhi. Jika ada yang tidak lancar, berarti sejauh ini ada yang salah dengan cara Anda mengatur modal usaha. Pebisnis pemula harus lebih sering membuat anggaran secara periodik misalnya per bulan, per tiga bulan, atau per enam bulan. Dari sana bisa terlihat, apakah arus keuangan untuk bisnis Anda lancar atau masih bermasalah.

4.Hanya Mengikuti Tren

Tren suatu produk memang penting untuk diketahui, karena bisa jadi itu menunjukkan kebutuhan konsumen. Tapi ketika bisnis hanya mengikuti tren sesaat, maka kemungkinan besar tidak akan berlangsung lama. Ketika tren berganti, maka produk ikut berganti. Apakah itu efektif? Bahkan, sebisa mungkin miliki produk unggulan yang menjadi identitas Anda.

5.Banyak Berhutang

Hutang memang terasa solutif untuk sesaat. Tapi ternyata salah satu penyebab bisnis tidak berumur panjang adalah karena terlibat jeratan utang. Bila Anda baru saja memulai berbisnis, hindari meminjam uang bila tidak betul-betul membutuhkan.

5 Kesalahan yang Dilakukan Pebisnis Pemula

Demikian informasi tentang 5 Kesalahan yang Dilakukan Pebisnis Pemula.

Kesalahan-kesalahan itu bisa diminimalisir ketika sudah lebih banyak pengalaman seiring waktu. Bagi Anda yang ingin lebih mendalami aspek bisnis, bisa kunjungi website kami di https://ibizcoach.com/ untuk mengetahui update info pelatihan dan workshop yang diadakan untuk Anda.